Cari Blog Ini

Selasa, 07 Maret 2023

Mengapa Servis Tenis Meja difault Wasit?

 

servis tenis meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Ketika kita sedang bermain tenis meja dan untuk mendapatkan poin, sebagian besar aturan Tenis Meja sudah sama-sama dipahami oleh pemain maupun pemimpin pertandingan/ wasit karena sudah jelas, yaitu jika bola mati oleh kita berarti poin untuk lawan dan begitu sebaliknya. Gagal mengembalikan servis berarti kita kehilangan poin. Sesederhana itu.

Hal ini tidak demikian dengan servis. Servis Tenis Meja harus mematuhi aturan yang rumit, tidak sesederhana yang kita bayangkan. Sebagian besar dari kita yang hanya penghobi tenis meja biasa melakukan servis secara ilegal, dan bahkan kita tidak sadar bahwa servis yang kita lakukan adalah ilegal. Servis Tenis Meja memang banyak menjadi perdebatan diantara para pemain karena beberapa aturannya yang rumit.

Aturan servis Tenis Meja diterapkan oleh wasit pertandingan berdasarkan interpretasi mereka terhadap aturan tersebut. Dengan demikian, kesalahpahaman sering terjadi, karena penegakan peraturan oleh wasit yang berbeda bisa jadi keputusannya berbeda pula (inkonsisten). Pada akhirnya Instruktur Pertandingan yang akan menjadi pengambil keputusan terakhir terhadap servis dinilai legal atau ilegal jika terjadi beda pendapat.
Sekelas pemain dunia Ding Ning saja, beberapa kali terlihat servisnya di fault oleh wasit, namun servis yang sama itu bisa dianggap sah pada pertandingan lain oleh wasit yang berbeda.

Untuk itulah pentingnya penataran terhadap calon wasit sebelum turun ke arena untuk memimpin sebuah pertandingan. Tujuannya tentu agar wasit mempunyai kemampuan menegakkan aturan sesuai standar yang sudah ditentukan, agar bisa menyamakan persepsi wasit.

Standar melakukan servis tenis meja diantaranya adalah, memegang bola dengan telapak tangan terbuka menghadap ke atas, bola dilambungkan tegak lurus dengan ketinggian kurang lebih 16 cm dan tidak menghalangi bola dengan anggota tubuh.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-cara-mengembalikan-servis-tenis.html?m=1

Yang sering terjadi pada kelas penghobi adalah mengabaikan melambungkan bola sesuai aturan. Jika wasit paham akan aturan, biasanya langsung difault. Tetapi kadang lawanlah yang memprotes, baru wasit memperingatkan si server.

Yuk kita belajar untuk memahami peraturan-peraturannya agar bermain kita menjadi lebih asik sekaligus membiasakan membangun fair play.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar