Cari Blog Ini

Kamis, 09 Maret 2023

Tips Gerakan dan Sikap Tubuh dalam Tenis Meja

 

Tips Gerakan dan Sikap Tubuh dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tenis meja adalah salah satu olahraga yang selain membutuhkan stamina prima, juga sangat mengandalkan kelincahan dan keterampilan pemainnya. Keterampilan tangan dalam memukul bola sangat didukung oleh gerakan tubuh dan kelincahan kaki dalam bergerak. Langkah kaki yang salah akan merusak atau mempengaruhi dan menurunkan kualitas pukulan kita. Langkah kaki pemain terlihat sepele, namun harus kita latih agar terbiasa melangkah dengan benar agar menghasilkan pukulan maksimal saat bertanding.

Cara bermain tenis meja yang baik tentu membutuhkan proses panjang yang harus dilalui, termasuk melatih keterampilan memukul bola, penempatan tubuh dan sikap maupun gerak kaki atau footwork.

Penempatan tubuh dan sikap kita pada pukulan akan berdampak besar pada pukulan yang akan dihasilkan. Jika tubuh kita pada posisi yang benar, akan memungkinkan kita mendapatkan posisi dengan cepat untuk melakukan pukulan berikutnya dan memainkannya dengan keterampilan penuh.
Tetapi jika posisi dan sikap tubuh kita salah, kita akan kesulitan dalam permainan dan akan kehilangan keseimbangan, dengan kata lain "salah langkah", sehingga pukulan menjadi tidak berkualitas atau bahkan bisa terjadi "unforce error".

Agar dalam bermain kita tidak salah langkah, maka tingkatkan sikap dan gerakan tubuh kita dengan berbagai jenis latihan.

Beberapa tips untuk sikap dan gerak kaki yang lebih baik:
-Jaga lengan di depan tubuh (condong ke depan).
-Tempatkan kaki kita terpisah (mengangkang), harus sama atau melebihi lebar bahu kita.
-Pergelangan kaki dan lutut kita harus sedikit ditekuk ke arah meja.
-Pertahankan berat badan dan keseimbangan kita.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/footwork-dalam-tenis-meja.html?m=1

Jika sudah terjadi keseimbangan antara tangan, kaki dan tubuh, pemain juga wajib menyelaraskan pikiran dalam bermain. Konsentrasi bermain harus dijaga sepanjang pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar