Cari Blog Ini

Senin, 03 April 2023

Bermain Tenis Meja untuk Investasi Kesehatan

 

investasi kesehatan dengan bermain tenis meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Mengeluarkan anggaran (uang) untuk biaya tenis meja merupakan bentuk investasi kesehatan jangka panjang.
Membayar biaya asuransi kesehatan atau mengeluarkan biaya (uang) ketika sakit adalah biaya pengobatan.
Mempersiapkan kesehatan jangka panjang dan kualitas generasi penerus yang dihasilkan, itulah investasi kesehatan.

Mahatma Gandhi: “Harta kekayaan yang sejati adalah kesehatan, bukan kepingan emas maupun perak”.

Jika kita pahami, ungkapan tokoh spiritual India tersebut tidaklah salah. Dengan aktivitas yang padat, kita sering kali mengabaikan pola istirahat (tidur) dan pola makan yang tidak seimbang. Mayoritas dari kita lebih mengutamakan tuntutan pekerjaan dalam menjalani kehidupan dan kadang menyepelekan betapa pentingnya kesehatan. Padahal, kehidupan tidak hanya berkutat soal pekerjaan semata.

Tidak heran jika belakangan ini kita sering mendengar orang berusia 30-40 tahun menderita penyakit berat seperti reumatik, asam urat, diabetes, dan bahkan kanker karena mengabaikan pentingnya kesehatan, sehingga akan menjadi hal fatal bagi mereka. Padahal penyakit berat seperti itu biasanya hanya diderita oleh orang dengan usia di atas 50 tahun.

Seperti kita yang hidup di perkotaan semakin kehilangan ruang terbuka, kesehatan menjadi barang mahal. Kehidupan yang sibuk serta paparan polusi yang tinggi memiliki pengaruh besar dalam kesehatan seseorang.

Kaum urban banyak yang menyepelekan kesehatan, karena oleh tempat bekerjanya mendapat benefit berupa asuransi kesehatan. Dengan begitu, merasa urusan kesehatanya ditanggung oleh asuransi.

Kesadaran yang masih kurang dalam menjaga kesehatan dan paradigma yang salah berpotensi menjadi masalah besar dalam membangun kesejahteraan di masa depan. Gaya hidup sehat yang seharusnya menjadi kebiasaan dan budaya menjadi barang langka di tengah kehidupan urban yang semakin sibuk dengan pekerjan dan cenderung mengesampingkan kesehatannya.

Namun bagi penghobi tenis meja yang sadar akan pentingnya kesehatan, sadar betul bagaimana pentingnya menjaga kesehatan sebagai investasi agar bisa menikmati usia tua yang berkualitas.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/lawan-covid-19-jaga-kebugaran.html?m=1

Berolahraga tenis meja bisa meningkatkan kekebalan tubuh
Perlu kita pahami bahwa sistem kekebalan tubuh yang sehat akan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Jangan sampai sistem kekebalan tubuh yang tidak baik malah bisa berbalik menyerang sel, jaringan dan organ tubuh. Serangan tersebut tentu akan mempengaruhi dan melemahkan kinerja organ tubuh sehingga mengakibatkan kesehatan kita menjadi terganggu.
Bagaimanapun bentuk latihannya, tetaplah berlatih untuk menjaga kesehatan dan keselamatan. Dan jika kita mampu berprestasi, itulah bonusnya.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar