Cari Blog Ini

Selasa, 11 April 2023

Tips Memilih Bet Tenis Meja Terbaik

 

Tips Memilih Bet Tenis Meja Terbaik

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Dalam olahraga tenis meja, bet merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki oleh pemain.
Memilih dan membeli bet tenis meja biasanya terkendala dengan harga yang mahal. Jika kita punya uang tentu tak menjadi kendala. Namun jika budgetnya minim, bagaimana mensiasatinya?

Bagi pemula yang baru memainkan olahraga tenis meja, menentukan pilihan bet tenis meja yang cocok terkadang memang sulit. Karena tidak hanya masalah harga yang mahal, namun juga harus disesuaikan dengan kenyamanan untuk mendukung tipe permainan.

Tips memilih bet tenis meja
Nyaman, menjadi salah satu unsur penting dalam menentukan pilihan bet yang akan kita gunakan. Jika kita merasa nyaman dalam menggunakannya, maka diharapkan permainan tenis meja kita akan semakin baik.

Beberapa cara memilih bet tenis meja yang cocok dan nyaman, (diambil dari beberapa sumber):
1. Pilih pegangan yang tepat
Dalam memilih bet tenis meja harus sesuai dengan kenyamanan masing-masing pemainnya. Sesuaikan dengan tipe bermain kita sendiri, karena tipe bet yang berbeda akan memengaruhi cara bermain.

Pada bet tenis meja ada dua jenis pegangan bet, yaitu penhold grip dan shakehand grip. Yang paling umum dipakai adalah shakehand grip. Cara memegangnya adalah sama seperti ketika kita berjabat tangan. Namun jenis penhold grip biasa digunakan untuk mendapatkan kontrol lebih penuh.

2. Pilih bukan dari lihat harga yang mahal
Pilih bet tenis bukan dari harga yang mahal, tapi dari yang nyaman dipakai.
Kadang orang beranggapan bahwa bet yang harganya mahal sudah pasti baik dan berkualitas. Tidak salah, karena bet yang mahal dibuat dengan teknologi tinggi berdasarkan riset, tetapi belum tentu cocok dengan tipe permainan kita. Perlu diingat, yang mahal itu tak selalu lebih atau paling baik. Harga bersahabat dengan isi kantong namun jika nyaman digunakan juga sah-sah saja, karena yang paling penting adalah faktor kecocokan dan kenyamanan pemain. Mahal belum tentu nyaman.

3. Pilih bet dengan berat seimbang
Putuskan untuk membeli bet dengan mempertimbangkan dan menilai berat dari bet yang hendak dipilih. Bet yang nyaman digunakan tentu yang beratnya seimbang dan biasanya yang bakal dipilih adalah bet yang beratnya agak ke depan sedikit. Jangan lupa, grip-nya pun berpengaruh cukup banyak terhadap keseimbangan, kalau bagian pegangan cukup besar, maka bet yang lebih berat ke depan akan lebih mudah ditoleransi.

4. Perhatikan bahan dasarnya
Sebagai pemula, tak masalah bila ingin mencoba membeli yang murah, mencari bahan yang cocok dalam mendukung latihan para petenis meja pemula. Bila perlu konsultasi dan minta referensi teman yang lebih berpengalaman.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

5. Mencoba dahulu sebelum menentukan pilihan
Sebelum membeli bet juga penting untuk mencoba dan bereksperimen dengan bet yang ukuran dan beratnya berbeda-beda. Karena bet tenis meja tersedia dalam berbagai ukuran, model dan bentuk. Kita perlu memastikan mana yang paling cocok dengan karakter dan gaya permainan kita.
Jangan sungkan untuk mencoba bet tenis meja milik beberapa teman sebelum menentukan pilihan. Jika sudah merasa cocok dengan salah satunya, berangkat ke toko olahraga untuk membeli setidaknya sudah ada gambaran seperti apa bet yang akan kita pilih.

Seiring berjalannya waktu, jika permainan semakin meningkat, pilihan bet bisa diupgrade ke yang lebih tinggi spesifikasinya, dengan harapan akan semakin mendukung peningkatan permainan.


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: