Cari Blog Ini

Senin, 26 Juni 2023

Tenis Meja menjadi Salah Satu Olahraga Terbaik untuk Orang di Atas Usia 50 Tahun

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Meskipun kita sudah berusia di atas 50 tahun, sangat dianjurkan untuk tetap beraktivitas melakukan olahraga.
Kenapa? Bagi kita yang berusia di atas 50 tahun, olahraga sangat penting untuk memperlambat proses penurunan fungsi organ.

Berat badan berlebih atau obesitas pada orang berusia di atas 50 tahun dapat berdampak buruk pada kesehatan, karena lebih berisiko mengalami masalah jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

"Nyeri dan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2, dapat mulai muncul di rentang usia 50-an. Di samping itu, penurunan hormon estrogen pada wanita juga mulai terjadi sehingga risiko penyakit jantung semakin meningkat," kata dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter.

Bagi kita yang sudah terbiasa berolahraga sejak dini sadar betul bahwa aktivitas fisik dan berolahraga teratur dapat menjaga semua fungsi tubuh berjalan baik. Namun menginjak usia 50 tahun kita tidak boleh sembarangan melakukan gerakan olahraga untuk meminimalisir potensi cidera.

Tenis meja sebagai olahraga yang merakyat sama-sama kita ketahui merupakan olahraga dengan gerakan yang sederhana dan minim resiko cidera. Sebagai olahraga rekreasi, tenis meja sangat cocok sebagai hiburan bagi seseorang dengan usia 50 tahun ke atas, selain itu bermanfaat juga sebagai sarana bersosialisasi dan bersilaturrahim di lingkungan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/olahraga-tenis-meja-juga-sebagai.html?m=1

Bagi pemula dengan usia 50an tahun, untuk memulainya tidak perlu terlalu ngoyo. Mulailah berlatih tenis meja dengan durasi latihan yang singkat, misalnya 20-30 menit dan dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Dapat dibarengi berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter keluarga terkait jenis latihan dan durasi yang cocok dengan kondisi fisik kita. 


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar