Cari Blog Ini

Senin, 10 Juli 2023

Cara Meningkatkan Stamina Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 


Tenis meja banyak dinilai sepele dan ditertawakan banyak orang sebagai bentuk latihan atau bahkan sebagai olahraga. 

Tetapi perlu diketahui, begitu kita mulai bermain tenis meja dengan benar, kita sadar bahwa penting bagi setiap pemain tenis meja memiliki tingkat kebugaran, stamina dan daya tahan tubuh yang baik apalagi kita ingin memainkan begitu banyak pertandingan secara berturut-turut.

Jika kita mengikuti turnamen seperti kebanyakan yang ada saat ini yang menghabiskan sehari, dua hari atau tiga hari selesai, maka kita dituntut harus memiliki tingkat stamina dan kebugaran tenis meja yang baik agar kinerja tidak menurun selama pertandingan. 

Cara meningkatkan stamina secara umum
Untuk meningkatkan stamina dan daya tahan, ada banyak hal yang dapat kita lakukan. Latihan kardiovaskular seperti berjalan, berlari, dan bersepeda adalah awal yang sangat bagus.

Jika sudah terbiasa melakukan latihan kardiovaskuler seperti itu, kebugaran secara umum cukup tinggi yang membuat sedikit lebih mudah untuk berlatih keras, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pelatihan karena tidak mudah lelah dan harus berhenti setiap saat.

Kebugaran tubuh merupakan pondasi dasar yang perlu kita bangun untuk melakukan semua pelatihan. 
Menaiki tangga menjadi solusi latihan kebugaran yang murah untuk dilakukan. Olahraga yg sederhana ini sangat baik dan mempunyai intensitas cukup tinggi, tetapi mempunyai dampak sangat rendah bagi resiko cidera persendian kita

Tubuh langsing banyak menjadi keuntungan bagi pemain tenis meja, karena kondisi yang cukup baik secara fisik akan lebih mudah untuk bergerak di sekitar meja dan kita akan mempunyai lebih banyak energi untuk dikeluarkan di atas meja. 
Selain kelincahan, tubuh langsing juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Latihan stamina khusus tenis meja

Latihan Multiball
Latihan multiball (bola banyak) sangat baik untuk meningkatkan stamina pemain. 
Kita bisa meminta pelatih atau pemain lain untuk memberi lemparan umpan multiball selama sekitar 20 menit. Lakukan kontrol kecepatan latihan dan sambil melakukan beberapa latihan gerak kaki serta mendorong diri kita secara fisik. Secara bertahap tingkatkan frekuensi kecepatan bola dan penambahan durasi latihan.

Jika disandingkan dengan sebuah pertandingan, kita hanya mengeluarkan usaha mungkin sekitar lima atau sepuluh detik hingga bola mati. Kemudian salah seorang pemain akan memgambil bola dan kita dapat beristirahat sejenak. 

Jadi jika kita sudah terbiasa melakukan latihan multiball seperti itu, maka akan membuat kita jauh lebih mudah saat memainkan pertandingan. 

Kita juga bisa melakukan pelatihan robot pingpong jika kita tidak memiliki pelatih atau pemain lain untuk memberi umpan bola.

Pelatihan shadow
Latihan pukulan bayangan juga dapat meningkatkan stamina. Melakukan gerakan spin forehand dan latihan gerak kaki serta dikombinasikan dengan pukulan berbeda selama tiga puluh menit membuat kita berkeringat dan kelelahan pada akhirnya. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/cara-melatih-kecepatan-gerak-tangan.html?m=1

Pola latihan di atas adalah khusus untuk tenis meja. Saya sarankan untuk mencoba melakukan latihan seperti itu jika menginginkan mempunyai stamina yang baik saat pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar