Cari Blog Ini

Selasa, 08 Agustus 2023

10 Cara Menghilangkan Rasa Minder Bermain Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja adalah olahraga yang mengandalkan keahlian dan keterampilan, namun setiap pemain mempunyai tingkatan keterampilan yang berbeda.

Pernahkah kalian berada di situasi merasa minder atau rendah diri? Semua pemain pasti punya kelemahan yang membuat minder. Namun bukan berarti kita terus terpuruk dalam rasa minder tersebut. Lantas bagaimana cara kita menghilangkan rasa minder?

Sangat manusiawi jika kita mempunyai rasa minder. Melihat pemain lebih jago bermain tenis meja daripada kita membuat kita merasa  malu, rendah diri dan minder jika akan bergabung dan bermain bersama. Perasaan tersebut tidak menutup kemungkinan dialami oleh semua orang, termasuk diri kita.

10 Cara Mengatasi Rasa Minder Dalam Bermain Tenis Meja:

1. Bersyukur dengan teknik yang sudah kita kuasai

2. Menjalankan latihan secara rutin

3. Ketahui kelebihan diri sendiri

4. Catat prestasi dan pencapaian yang pernah kita raih

5. Berlatih dan tingkatkan kemampuan bermain

6. Berhenti membandingkan diri sendiri

7. Jika mengikuti sebuah turnamen usahakan datang lebih awal, lakukan pemanasan secukupnya untuk membangun rasa optimis.

8. Mengapresiasi Tiap Pencapaian Diri.

Kita tentu pernah memuji orang lain, tapi pernahkah kita memuji dan mengapresiasi diri sendiri? Coba biasakan untuk mengapresiasi tiap pencapaian diri sebagai cara menghilangkan rasa minder. Apresiasi ini bisa membuatmu merasa lebih berharga dan meningkatkan kepercayaan diri.

9. Berpenampilan Baik

Tidak bisa dimungkiri, rasa percaya diri ikut terbentuk dari bagaimana kita berpenampilan. Kalau selama ini kita kerap merasa minder, mungkin salah satunya karena selama ini kita tidak memperhatikan penampilan.

10. Ubah Cara Berpikir

Berpikirlah bahwa orang-orang menyukai kita karena kita menarik dan berharga. Pikiran tersebut terkesan simpel, namun bisa sangat efektif menghilangkan rasa minder dan membantu kita untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/penyakit-insecure-sering-hinggapi.html?m=1 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/percaya-diri.html?m=1

Rasa minder atau kurang percaya diri bisa muncul akibat budaya, kebiasaan dan eksklusivitas. Dalam sebuah tim, pemain mempunyai keterampilan yang berbeda-beda, kita harus menyadari itu.Kita harus banyak belajar dari siapa saja dan perbaiki komunikasi.

Oleh karena itu, kita perlu menyadari dan berdamai dengan kenyataan yang ada. Terima diri kita apa adanya. Berdamai dengan kenyataan bahwa masing-masing pemain terlahir dengan keunikan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ikhlas dengan apa yang kita miliki dan lihatlah di luar sana masih banyak orang yang tidak memiliki kemampuan seperti yang kita miliki.

Teruslah memotivasi diri dengan rajin berlatih dan membuka diri dari nasehat orang lain.



Semangat sehat dan salam 🏓





Tidak ada komentar:

Posting Komentar