Cari Blog Ini

Rabu, 26 Juni 2024

Ketegaran Mental (Mental Toughness ) dalam Menghadapi Pertandingan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Dalam pertandingan tenis meja tidak saja membutuhkan skill pemain, banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir. Salah satunya adalah mental pemain yang harus tegar agar bisa keluar dari tekanan yang mungkin muncul selama pertandingan. 

Selain fisik, teknik dan taktik, dalam olahraga tenis meja ketegaran mental ini mutlak dikuasai oleh setiap pemain saat bertanding. Tensi pertandingan yang tinggi saat poin-poin krusial biasanya tekanan kepada pemain sangat tinggi. Hanya dengan ketegaran mental, pengontrolan emosi yang baik dan fokus dalam pertandingan dapat dipertahankan. 

Apa sih yang dimaksud dengan ketegaran mental? 

Ketegaran Mental (Mental Toghness) adalah suatu kondisi pemain untuk tetap mampu berpikir secara positif, realistis, tenang dan jernih, meskipun dalam keadaan tertekan oleh lawan.

Pemain dengan ketegaran mental yang baik akan mudah menguasai diri dan mengendalikan emosi, cepat mengubah emosi negatif menjadi positif, mampu mengatasi kesalahan dan kegagalan tanpa emosi, cepat bertindak dan mampu keluar dari tekanan.

Ciri pemain yang memiliki ketegaran mental yang baik adalah: terlihat rileks, tenang, energik, kecemasan rendah, optimis, tenang, selalu berusaha, geraknya otomatis, konsentrasi, percaya diri, bergairah, dan terkontrol.

Sering kita jumpai pada pemain dimana saat latihan bisa bermain bagus, tetapi saat pertandingan bermain jelek. Hal seperti ini biasanya banyak dipengaruhi oleh faktor mental yang belum stabil. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/apakah-mental-bermain-tenis-meja-dapat.html?m=1

Kuasai dan kalahkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menguasai dan mengalahkan orang lain. Caranya adalah dengan mengelola mental sebaik mungkin dalam kondisi apapun. 


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar