Cari Blog Ini

Kamis, 23 Maret 2023

Amankah Bermain Tenis Meja Saat Puasa?

Bermain Tenis Meja Saat Puasa

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tubuh memang dapat terasa lebih lemas dan lelah dari biasanya ketika menahan haus dan lapar untuk waktu yang cukup lama. Lemas dan lelah yang dirasakan saat puasa tidak selalu menunjukkan kondisi berbahaya. Pada umumnya, lelah dan lemas ini terjadi akibat perubahan pola makan dan minum selama puasa.

Selama kita tidak menderita penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, bermain tenis meja saat puasa aman untuk dilakukan, bahkan bisa memberikan manfaat kesehatan.

Manfaat yang bisa didapatkan ketika tetap berlatih tenis meja saat puasa diantaranya adalah mood (suasana perasaan) yang baik, berat badan lebih terkontrol, tubuh tetap bugar, sensitivitas insulin meningkat, hingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Agar berlatih tenis meja yang kita lakukan saat puasa aman dan bisa memberikan manfaat yang maksimal, pastikan kita sahur dengan menu makanan bergizi agar tubuh mendapatkan gizi dan energi yang cukup untuk bermain tenis meja saat puasa.
Pastikan juga untuk minum air putih 8 gelas per hari selama waktu berbuka dan sahur.

Sempatkan untuk tidur siang sebelum berlatih. Sesuaikan waktu latihan, dan yang paling ideal adalah 30 - 60 menit menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa, dengan harapan jika kita haus akan bisa segera minum saat berbuka puasa.
Jika memilih berlatih setelah makan atau berbuka puasa, pastikan memberikan jeda minimal sekitar satu jam sesudah waktu makan.
Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dan pendinginan setelahnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/kelelahan-berlebih-fatigue.html?m=1

Jadi, jika dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan, berlatih tenis meja saat puasa aman kok, namun harus tetap memperhatikan dan mengenali kondisi dan keadaan kita. Jika lemas dan lelah yang dialami selama puasa cukup berat, jangan paksakan diri kita untuk berlatih.

Selain itu, jika kita memiliki penyakit atau gangguan kesehatan yang memerlukan istirahat dan tidak diperbolehkan untuk terlalu capek, konsultasikan ke dokter agar tetap aman dalam berlatih tenis meja.
Selamat menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar