Cari Blog Ini

Rabu, 29 Maret 2023

Cara Mengurangi Resiko Cidera Saat Bermain Tenis Meja

 

Resiko Cidera Bermain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Olahraga tenis meja memang asik dan baik untuk kesehatan serta kebugaran tubuh. Namun, jika tidak fokus dan atau kurang berhati-hati dalam menjalaninya, kita bisa mengalami cedera.

Yang membuat kita rentan mengalami cedera ketika bermain tenis meja diantaranya karena terlalu memforsir tubuh melewati batas toleransi kemampuannya. Kemudian salah mempraktekkan gerakan, gerakan kaki yang salah dalam melangkah, kaki salah mendarat saat melompat, juga bisa menjadi beberapa faktor penyebab terjadinya cedera.

Cara meminimalisir terjadinya cidera
-Lakukan pemanasan yang cukup sebelum berlatih/ bermain dan pendinginan setelahnya.
-Memberi jeda istirahat di satu sesi latihan
-Gunakan peralatan yang tepat
-Jangan paksa latihan saat sedang tidak fit.

Kita harus mengetahui kondisi tubuh. Usiapun bahkan ikut menjadi pertimbangan untuk menentukan gerakan yang sesuai dengan kondisi kita. Berlatihlah secara bertahap dari yang ringan, kemudian ditingkatkan secara berkala agar otot, stamina dan teknik meningkat kualitasnya.

Jika kita memiliki suatu kondisi atau riwayat penyakit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai latihan. Dokter dapat memberikan saran gerakan apa yang dianjurkan untuk kita lakukan dan arahan untuk melakukannya dengan aman.

Gunakan peralatan olahraga yang tepat
Pastikan sepatu olahraga yang kita pakai sesuai dengan jenis gerakan saat bermain tenis meja seperti maju, mundur, lompat ke samping kanan maupun kiri.
Pastikan outsole sepatu kita masih dalam kondisi baik dan tidak licin untuk menghindari terjadinya terpeleset ketika bergerak mengejar bola.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/footwork-dalam-tenis-meja.html?m=1

Lakukan pemanasan dan pendinginan
Pemanasan sebelum berlatih membuat darah kita mengalir lancar dan melemaskan otot-otot tubuh kita. Sederhananya kita melakukan stretching/ peregangan dan mencoba beberapa pukulan.

Setelah selesai berlatih jangan lupa melakukan pendinginan untuk menormalkan kembali otot dan tubuh kita.

Ingat!! Berlatih jangan berlebihan!!
Tubuh kita butuh istirahat, beri kesempatan untuk memulihkan diri dan mencegah kelelahan supaya kebugaran tubuh lebih maksimal dirasakan.

Minum cukup
Selalu sedia botol minum untuk mencegah dehidrasi yang bisa menurunkan konsentrasi kita sehingga menjadi berpotensi menyebabkan cedera.

Jika intensitas latihan kita selama lebih dari satu jam, sediakan juga minuman isotonik agar kita tidak kelelahan dan tetap bugar.
Elektrolit tubuh yang hilang dapat digantikan dengan minuman isotonik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar