Cari Blog Ini

Selasa, 18 April 2023

Apa Saja Peralatan Yang Digunakan untuk Bermain Tenis Meja?

 

Apa Saja Peralatan Yang Digunakan untuk Bermain Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Untuk memainkan olahraga tenis meja tak membutuhkan tempat terlalu luas. Asal ada meja, net, bola dan bet sudah bisa untuk memainkan  olahraga ini. Garasi, halaman rumah atau di bawah rindangnya pepohonan pun bisa sebagai alternatif tempat bermain tenis meja. Selain tidak memerlukan tempat yang luas, tenis meja juga bisa dimainkan oleh semua usia, dari anak-anak, dewasa hingga orangtua.

Peralatan apa yang diperlukan dan berapa ukurannya?


Meja
Ukuran meja pingpong adalah panjang 2,7 meter (m) dan lebar 1,5 meter. Sedangkan tinggi meja itu sendiri harus 76 centimeter (cm) di atas permukaan lantai.

Jaring atau net
Jaring atau net berfungsi sebagai pembatas di tengah meja agar pemain dapat tahu batas wilayah kekuasaannya maupun wilayah lawan. Net harus memiliki panjang 1,8 meter. Sedangkan tepi atas jaring tersebut harus memiliki panjang 15,25 cm.

Bola
Bola tenis meja biasanya terbuat dari bahan celuloid. Dulu sering kita jumpai dengan warna orange, namun kini yang banyak dimainkan adalah warna putih dengan berat 2,7 gram serta berdiameter 4 cm.

Alat Pemukul/ Bet
Bet sebagai alat memukul bola terbuat dari sebilah kayu yang berbentuk pipih dan kaku. Untuk memainkannya bet dilapisi dengan spons serta karet.

Itulah beberapa perlengkapan yang wajib ada jika kita bermain olahraga tenis meja.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, banyak inovasi yang akhirnya mempengaruhi model ataupun warna dari peralatan.
Meja misalnya, yang dahulunya selalu identik dengan warna hijau, tapi sekarang sudah ada yang berwarna ungu, abu-abu dll.
Jika bet yang dulunya identik dengan bentuknya yang oval, tapi kini sudah ada yang hexagonal.
Begitu juga dengan karet, warna merah hitam sudah tidak lagi memonopoli, karena sekarang sudah ada yang warna ungu dan orange.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/inovasi-tenis-meja-apa-saja.html?m=1

Tentu, di luar keempat peralatan tadi masih banyak lagi inovasi-inovasi yang lain, itu semua berkat perkembangan teknologi yang semakin bisa diandalkan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar