Cari Blog Ini

Kamis, 13 April 2023

Prestasi Puncak Atlet Tenis Meja pada Usia Berapa?

 

Prestasi Puncak Atlet Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tenis meja merupakan olahraga unik dengan berbagai keragaman teknik dan karakteristik alat pemukul yang digunakan, namun semua itu bisa dipelajari untuk dikuasai.

Untuk bisa menguasai permainan tenis meja diperlukan program latihan yang konsisten dalam jangka waktu cukup lama. Maka dari itu untuk menjadi pemain kompetitif, kita harus melakukan latihan terencana kurang lebih selama 4-5 tahun plus memiliki pengalaman bertanding.

Puncak prestasi  atlet biasanya terjadi pada usia 18-30 tahun untuk putra, sedangkan pada putri di usia 16-26 tahun.

Memang ada sedikit perbedaan antara pria dan wanita dalam respons fisiologis yang akan berpengaruh terhadap puncak prestasi atau puncak produktivitas.
Mengapa? Karena wanita sedikit lebih lemah daripada pria, terutama dalam mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan tenaga otot lengan yang digunakan untuk bermain, daya tahan otot lengan dan kekuatan kedua kaki, serta daya tahan jantung dan pernapasan.

Fisik dan mental yang bugar diperlukan dalam tenis meja kompetitif, sehingga pemeriksaan secara klinis terhadap atlet tenis meja harus teliti dan berkala. Selain itu perlunya evaluasi terhadap metode latihan, pengaturan makan, keadaan lingkungan dan pekerjaan , serta pencegahan cedera.

Jika pemeriksaan fisik, laboratorium dan pemeriksaan dengan sinar rontgen sudah dilakukan terhadap atlet, bersiaplah menjadi atlet tenis meja handal, atau kalau bukan atlet setidaknya bisa menjalani kehidupan yang lebih gesit dan bugar berkat tenis meja.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/bagaimana-agar-prestasi-tenis-meja-bisa.html?m=1

Memang betul bermain tenis meja membutuhkan fisik dan mental yang bugar, tetapi jika dimainkan oleh orangtua ataupun pemula yang lain masih bisa dengan happy fun dan bisa menghilangkan stress.


Semangat sehat dan salam 🏓

4 komentar:

  1. Joss pak Info nya... Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali om, semoga bermanfaat..

      Hapus
  2. keren om,, semoga sukses selalu. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya robbal alaamiin. Terimakasih supportnya om...

      Hapus