Cari Blog Ini

Kamis, 18 Mei 2023

Pola Gerak Kaki (footwork) pada Tenis Meja

Pola Gerak Kaki (footwork) pada Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Teknik dasar dalam bermain olahraga tenis meja yang harus dipelajari dan sangat penting bagi setiap pemain adalah gerak kaki. Untuk bergerak lebih cepat dan lincah, kita membutuhkan gerak kaki yang benar. Jika pemain ingin meningkatkan kualitas pukulan maka harus didukung memiliki dan menguasai gerak kaki/ footwork yang baik pula.

Gerak kaki haruslah cepat dan tepat.
Jika ingin memiliki gerak kaki yang cepat, kita harus melakukan beberapa latihan (focus pada satu bagian), misalnya dengan “latihan tangga”. Dan jika kita ingin memiliki gerak kaki yang tepat, kita harus mempelajari pola dasar gerak kaki.

Apakah yang dimaksud dengan Pola Gerak Kaki dalam tenis meja?
Melatih gerak kaki bertujuan agar pemain memiliki “respon otot cepat” pada kaki-kakinya, karena melatih gerak kaki dapat membantu meningkatkan tingkat respon dari reseptor otot.
Pola Gerak Kaki adalah cara optimal untuk menggerakkan dan memposisikan kaki dengan benar saat bermain.

Sikap Dasar Tenis Meja
Sebelum melakukan gerak kaki dengan benar, pemain dituntut mengetahui sikap dan posisi yang tepat dalam bermain.
Posisi siap menerima servis yang baik dalam tenis meja adalah harus focus pada jarak dan distribusi berat. Kita harus berdiri tidak terlalu dekat dengan meja, posisikan jarak sekitar panjang lengan dari meja (sekitar 50 sentimeter).

Distribusi berat adalah awalan kita untuk memulai gerakan. Kita harus meletakkan semua titik berat badan pada jari-jari kaki, bukan pada tumit. Dengan demikian posisi tubuh kita akan condong ke depan, yang merupakan posisi terbaik untuk selalu siap untuk bergerak. Posisi seperti ini sangat baik untuk siap menyerang setiap bola panjang.

Mengapa gerak kaki tenis meja penting?
Kualitas pukulan semua bersumber dari gerak kaki yang baik dan benar. Untuk memiliki gerak kaki yang cepat dan tepat, yang terpenting bagi pemain adalah melakukan latihan gerak kaki dan mempelajari keterampilan pola gerak kaki dasar. Lakukan “latihan tangga” untuk menghasilkan gerak kaki cepat, itu saja! Jika gerak kaki kita tepat, kita akan lebih banyak memenangkan pertandingan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/footwork-dalam-tenis-meja.html

Perbaiki setiap detail gerak kaki saat berlatih dan bermain. Untuk menjadi yang terbaik, belajarlah dari yang terbaik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar