Cari Blog Ini

Selasa, 10 Januari 2023

Footwork Dalam Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Teknik dasar tenis meja meliputi teknik memegang Blade/ bet, teknik servis, teknik mengembalikan servis, teknik pukulan, gerakan kaki (footwork), serta sikap dan posisi badan.

Keahlian dasar atau basic skill yang harus dimiliki oleh atlet yaitu kelincahan.
Pemain tenis meja wajib memiliki kelincahan ketika bergerak. Tidak hanya tangan, tapi juga kelincahan kaki. Sebab, untuk menghasilkan pukulan berkualitas diperlukan harmonisasi gerak antara tangan, tubuh dan kaki.

Secara harfiah footwork berarti gerak kaki. Gerakan kaki berfungsi sebagai penyangga tubuh untuk menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif.

Dalam olahraga permainan seperti bulutangkis ataupun tenis meja, footwork sangat penting fungsinya untuk mengejar arah bola yang datang dari lawan. Salah melangkah/ bergerak bisa-bisa akan membahayakan bagi pemain. Bisa saja pemain akan terjatuh akibat kaki terserimpet dan terjatuh. Terlihat sepele dan sering diabaikan, namun footwork sangat penting dan diperlukan agar posisi tubuh pemain dapat disesuaikan dengan cepat dan tepat ke arah datangnya bola. Jika footwork tersebut sudah dikuasai dengan baik, maka pemain akan dapat menguasai lapangan sehingga lebih mudah baginya dalam menyerang dan bertahan.

Lakukan latihan footwork bagaimana cara melangkah untuk mengambil bola dalam penyerangan maupun dalam bertahan. Latihan ini bisa dilakukan saat kita berlatih pukulan shadow ataupun multiball/ bola banyak.

Gerak kaki melibatkan menjaga keseimbangan, menutup atau memajukan jarak, mengendalikan posisi spasial, dan/atau menciptakan momentum tambahan untuk serangan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kekuatan-dalam-bermain-tenis-meja.html?m=1

Dengan footwork yang baik dan kuda-kuda yang kuat akan mendukung kualitas pukulan secara maksimal. Tentu hal ini masih harus dikombinasikan dengan bagian tubuh yang lain seperti pinggang yang lentur, pergelangan tangan yang kuat dan sebagainya. 
Jika kombinasi itu terjaga, akan mudah menghasilkan daya ledak pukulan yang luar biasa, dan akan memudahkan perolehan poin dalam bermain.
Itulah mengapa footwork menjadi teknik yang sangat penting dalam olahraga tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓

4 komentar: