Cari Blog Ini

Jumat, 20 Januari 2023

Karet Tenis Meja Spons Tebal (maximum)

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat

Bagaimana kita tahu karet mana yang cocok untuk dipergunakan sesuai gaya permainan kita?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat membeli karet tenis meja biasanya kita dihadapkan pada berbagai ketebalan spons yang bisa dipilih. "Ketebalan" spons dari lembaran karet memiliki dampak yang signifikan pada bagaimana bet kita akan bekerja dan terasa setelah karet dipasang. 

Mengapa ketebalan itu penting?
Sebelum kita masuk ke karakter spesifik spons tebal, pertama-tama penting untuk memahami mengapa ketebalan spons benar-benar berdampak pada permainan.

Saat terjadi kontak dengan bola, spons yang berada di bawah lembaran atas karet akan tertekan. Bola tenggelam ke dalam karet dan pada dasarnya terlempar keluar sebagai hasilnya. Oleh karena itu, berbagai tingkat ketebalan mempengaruhi bagaimana bola dipengaruhi oleh karet dan dengan demikian berpengaruh pada tiga faktor utama kinerja tenis meja, yaitu kecepatan, putaran, dan kontrol.

Faktor lain seperti kekerasan spons juga memainkan peran penting, tetapi pada artikel ini, saya akan berfokus menulis pada ketebalan saja.

Dampak spons tebal (2,0 mm atau lebih)
Spons yang lebih tebal lebih cocok untuk pemain agresif yang menginginkan kecepatan maksimum saat terjadi kontak bola. Saat melakukan kontak, bola menghabiskan lebih sedikit waktu pada bet daripada jika bet memiliki spons yang lebih tipis. Hasilnya terhadap laju bola menjadi lebih cepat tetapi kurang kontrol.

Tidak disarankan untuk pemula, karena akan terasa lebih berat secara keseluruhan dan membutuhkan tingkat kontrol yang sulit dari pemain.

Tipe karet ini menghasilkan kecepatan dan putaran sebanyak mungkin dan tidak memerlukan terlalu banyak bantuan kontrol tambahan dari bet kita.

Saya sendiri saat ini memakai karet jenis ini. Untuk ForHand saya memakai Tenergy 05 Hard, sedangkan BackHand memakai Tenergy 05.
Pemakaian karet tersebut tidak mutlak bagi saya, karena kadang saya rotasi. Kadang di ForHand saya pasang Tenergy 05, BackHand Donic S1. Intinya tetap karet tebal atau maksimum.
Bukan karena alasan berpengalaman atau tidak, tetapi lebih kepada saya suka dengan karakter laju bola yang cepat. Memanfaatkan reflek lawan yang belum bagus dengan bola-bola cepat, itu salah satu alasannya. Hahaha...

Pada dasarnya karet/ bet hanyalah sebagai alat pendukung, yang terpenting adalah terus meningkatkan kemampuan teknik bermain yang baik.
Jangan lelah untuk berlatih, kuasai alat pilihan kita untuk menunjang performa bermain dan jangan menjadi pemain galau dalam memutuskan memilih alat yang kita pakai. Karena memakai alat atau karet spons tebal, tipis, anti ataupun bintik hanyalah pilihan, kembali kepada masing-masing setiap pemain.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/11/pemain-galau.html?m=0


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: