Cari Blog Ini

Sabtu, 21 Januari 2023

Dampak karet spons tipis (1,9 mm ke bawah) pada permainan Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Setelah pada artikel sebelumnya kita bahas tentang karakter karet dengan spons tebal, artikel kali ini saya mencoba untuk mengulas tentang karet tipis pada tenis meja, karena banyak juga pemain yang memakai karet dengan spons tipis.

Spons yang lebih tipis memberi lebih banyak kontrol dan umumnya jauh lebih mudah memakainya, khususnya untuk pemain yang mengutamakan kontrol dalam bermain. Spons jenis ini (tipis dan atau lembut) biasanya menjadi pilihan utama bagi pemain yang lebih menyukai gaya bermain defensif atau pemain rekreasi yang membutuhkan sedikit bantuan ekstra dari karet mereka untuk mengontrol bola.

Spons yang lebih tipis menghasilkan kecepatan bola yang lebih lambat tetapi kontrol yang lebih besar. Bagus untuk blok defensif dan permainan push sehingga ideal untuk pemain rekreasi. Selain itu, karet spons tipis juga berdampak bisa merusak  ritme dan tempo permainan, sehingga akan sedikit mengganggu konsentrasi lawan.

Siapa yang harus menggunakan spon/karet tipis?
Jika kita adalah pemain yang menyukai kontrol dan permainan defensif daripada serangan datar, spons yang lebih tipis (1,9 mm atau kurang) kemungkinan akan cocok dengan permainan kita. Selain itu, jika kita adalah pemain rekreasi yang membutuhkan kontrol, karet tipis sangat ideal untuk kita pakai.
Namun semua ini tidak mutlak. Pemain defensif boleh juga pakai karet dengan spons tebal/ maksimum, terpenting adalah bagaimana kita bisa menguasai alat yang kita pakai dan mendapatkan feel-nya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/karet-tenis-meja-spons-tebal-maximum.html?m=0

Akhirnya saya menyimpulkan bahwa karet spons tebal dan tipis memiliki tempatnya masing-masing dan cocok untuk pemain yang berbeda baik dari segi pengalaman maupun gaya bermain. Sementara karet tipis cocok untuk pemain rekreasi atau defensif, mencari kontrol maksimal, karet tebal akan memaksimalkan kecepatan dan putaran untuk pemain offensif yang ingin mendominasi lawan mereka. Perlu diperhatikan juga bahwa ketebalan spon bukan satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan saat memilih karet. Kekerasan spons merupakan faktor penting lain yang juga memainkan peran utama dan harus dipertimbangkan dalam kombinasi dengan ketebalan.
Tetap semangat dan tekun berlatih untuk bisa menguasai alat demi menunjang kematangan bermain.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar