Cari Blog Ini

Jumat, 06 Januari 2023

Cerdas Bermain Tenis Meja

Cerdas Bermain Tenis Meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Cabang olahraga tenis meja merupakan olahraga perpaduan antara keterampilan, kekuatan dan kecerdasan berfikir.

Bola kecil yang dimainkan pada tenis meja membutuhkan gerakan cepat untuk menguasainya, sehingga bagi seseorang yang bermain tenis meja diperlukan kemampuan-kemampuan tertentu seperti ketangkasan, kecerdasan, refleks, dan daya reaksi yang tinggi. 

Untuk menjadi pemain tenis meja yang baik dan berprestasi, selain memiliki bakat juga harus memiliki unsur-unsur tersebut di atas serta harus ditunjang dengan daya tahan aerobik yang sangat bagus.

Untuk menunjang keberhasilan dalam pembinaan pemain tenis meja diperlukan kondisi fisik dan kecerdasan pemain yang baik, karena kondisi fisik yang baik dengan didukung kecerdasan berfikir yang baik memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi. 

Kondisi fisik adalah salah satu prasyarat yang sangat diperlukan dalam setiap usaha peningkatan prestasi seorang pemain, bahkan dapat dikatakan sebagai landasan dasar olahraga prestasi. 

Kecerdasan yang dimiliki pemain akan memudahkannya dalam pengaturan tempo bermain, juga dalam penggunaan taktik dan strategi agar dapat mengontrol permainan dalam waktu tertentu.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/angka-kritis.html?m=1

Kecerdasan mendorong seorang pemain untuk sadar akan pentingnya latihan, terutama bagi atlet pelajar yang harus membagi fokusnya dengan belajar di sekolah maupun bermain bersama teman - temannya. 

Dengan kata lain, kecerdasan seorang pemain sangat berperan dalam permainan tenis meja untuk menyerap, membaca serta menerapkan strategi dan taktik bermain.

Sebagai contoh, jika kita akan melakukan servis, berpikirlah bagaimana kita akan mengambil poin. Jangan lakukan servis sebelum kita pasti dengan pengembalian bola lawan. Buatlah lawan mengikuti permainan kita, jangan sebaliknya. Ragu-ragu adalah lebih buruk dari keputusan yang jelek.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar