Cari Blog Ini

Kamis, 19 Januari 2023

Ritme dan Tempo dalam Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Terdengar seperti sesuatu yang keluar dari kelas menari atau menyanyi, tetapi pada faktanya itu adalah keterampilan tenis meja yang sangat diremehkan. Bola yang memantul di atas meja dan mengenai bet pemain menciptakan ketukan dan pola. Jika kita bisa membuat pikiran dan tubuh selaras dengan irama itu, kita akan segera mulai bermain tenis meja yang jauh lebih baik.

Apakah ritme merupakan bawaan setiap pemain?
Apakah kita memiliki ritme yang baik? Tampaknya beberapa pemain secara alami memiliki ritme yang lebih baik daripada yang lain. Jika itu kita, Bagus! 
Tetapi bagaimana jika kita tahu bahwa ritme bukanlah salah satu kekuatan kita? Bisakah kita meningkatkan sense of rhythm kita?

Biasanya ketika seseorang mengatakan mereka tertantang secara ritmis, itu benar-benar berarti mereka  tertantang oleh ketukan, mereka tidak dapat mengikuti irama musik. Namun karena ketukan, ritme, dan tempo saling berhubungan, masalah dengan yang satu terkadang dapat menyebabkan masalah dengan yang lain. 

Jadi, dari suaranya, ini semua tentang kemampuan kita untuk tetap "beradaptasi". Ada banyak cara meningkatkan "rasa ritme" kita dalam arti musik. Kita bisa mencoba bertepuk tangan pada lagu yang berbeda, saya yakin ini mungkin membantu secara umum, tetapi menurut saya sesuatu yang lebih spesifik tentang tenis meja akan menjadi penggunaan waktu yang lebih baik. Itu membuat saya berfikir bahwa ritme dan tempo sangat penting dalam bermain tenis meja.

Jika kita melihat cara para pemain profesional bergerak dan mengikuti irama, itu hampir seperti mereka sedang menari. Sebenarnya, saya bertanya-tanya apakah ada korelasi antara seberapa baik seseorang dalam menari dan seberapa baik mereka dalam tenis meja?

Bagaimanapun, poin yang harus diambil dari itu adalah bahwa ada ritme atau ketukan yang jelas untuk tenis meja dan kita harus bisa menyelaraskannya. 
Saya ingat waktu saya bermain dalam sesi latihan dengan Bambang Blocker (salah satu pemain senior Bekasi), saya memenangkan permainan saat itu, dan beliau berbicara bahwa faktor kekalahannya diakibatkan tidak bisa konsentrasi karena ada suara musik yang keras sehingga tidak bisa mendengar "ketukan" bola di meja. Ini menunjukkan bahwa ketukan yang dimaksud adalah sangat menentukan ritme permainan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/adakah-korelasi-antara-kecerdasan.html?m=0

Teruslah diasah sense of rythm kita agar bisa meningkatkan level permainan menjadi lebih baik.

Semangat sehat dan salam 🏓

1 komentar: