Cari Blog Ini

Selasa, 03 Januari 2023

Manfaat Olahraga Tenis Meja untuk kesehatan Jantung dan Paru-paru

 

Manfaat Olahraga Tenis Meja untuk kesehatan Jantung dan Paru-paru



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Jantung dan paru-paru adalah dua organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kedua organ tersebut adalah dengan berolahraga. Dan yang paling dianjurkan adalah latihan aerobik, latihan kekuatan, peregangan, fleksibilitas dan keseimbangan.

Bergerak aktif seperti bermain Tenis Meja dapat merangsang kerja  jantung dan paru-paru agar tetap sehat. Tenis meja dapat memperkuat otot jantung, menjaga berat badan tetap stabil, dan memicu paru-paru supaya bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot.

Lemak berlebih merupakan faktor risiko utama berkembangnya penyakit jantung. Latihan kekuatan punya efek signifikan dalam memecah lemak. Bukan cuma mengurangi kadar lemak saja, latihan ini juga mampu menaikkan masa otot.

Latihan Tenis Meja juga dapat mengencangkan otot-otot pernapasan, sehingga kita dapat bernapas lebih efektif. Lakukan latihan rutin setidaknya dua kali per minggu. Jika karena keterbatasan waktu, setidaknya usahakan satu kali per minggu untuk menjaga ketahanan tubuh.

Peregangan, fleksibilitas dan keseimbangan sebenarnya tidak berkontribusi secara langsung pada kesehatan jantung. Namun sangat penting dilakukan sebelum dan sesudah kita berlatih.
Hal ini dilakukan agar kita tetap fleksibel sehingga terbebas dari nyeri sendi, kram, maupun masalah otot lainnya. 

Latihan fleksibilitas dan keseimbangan membantu menjaga stabilitas dan mencegah kita terjatuh saat bermain.
Diyakini tenis meja sangat baik untuk melatih otot-otot agar terhindar dari kedua penyakit tersebut.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/jangan-sepelekan-stretching-peregangan.html?m=0

Berlatih dengan porsi yang cukup, berpola hidup sehat dengan istirahat cukup, asupan makanan bergizi seimbang, konsumsi vitamin dan suplemen juga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tidak dianjurkan bagi penderita penyakit jantung dan paru-paru memaksakan bermain tenis meja untuk prestasi (kompetisi/ turnamen), lakukan untuk happy fun saja. Berhentilah berlatih sebelum kelelahan , bukan berhenti karena kelelahan (fatigue). Kenali signal tubuh kita agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.

Berlatihlah tenis meja untuk kesehatan jantung dan paru-paru kita, bukan setelah menderita baru berlatih tenis meja. Jangan dibalik!!

Semangat sehat dan salam 🏓

3 komentar:

  1. Salam olahraga, salam sehat, sangat setuju min, olah raga memang salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi pekerja yang kurang pergerakan, seperti orang kantoran.. salam dari Bekasi, dekat GOR setu

    BalasHapus
  2. Ma kasih infonya sangat bermanfaat,..

    BalasHapus