Cari Blog Ini

Senin, 16 Januari 2023

Tips Cara Mengembalikan Servis Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Tenis meja adalah olahraga yang mewajibkan pemainnya menguasai berbagai teknik, mengingat olahraga yang satu ini penuh dengan trik dan intrik untuk bisa menguasai bahkan memenangkan pertandingan.

Dari berbagai teknik bermain tenis meja, ada salah satu teknik yang amat penting bagi seorang pemain
Untuk memulai permainan, seorang pemain harus melakukan servis yang kemudian harus bisa dikembalikan oleh pihak lawan. Servis maupun mengembalikan servis adalah salah satu bagian terpenting dalam tenis meja, dan harus dilatih.

Jika kita bermain dalam sebuah pertandingan, bisa mengembalikan servis dari lawan adalah modal bagus untuk berlanjut ke tahap permainan berikutnya.
Bagaimana tidak, jika kita tidak dapat mengembalikan servis itu artinya kita kehilangan poin dan akan mempengaruhi mental bertanding.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa mengembalikan servis lawan?
Konsentrasi menjadi hal pokok sebelum kita menerima servis, kemudian perhatikan jenis servis lawan seperti apa agar kita bisa mengantisipasinya. Servis bola isi atau kosong bisa diperhatikan pada pengenaan bola pada bet. Kemudian yang terakhir yang harus kita perhatikan adalah arah bola, ke kanan atau kiri bidang meja dan servis panjang atau pendek.
Setelah servis dilepaskan oleh lawan, kita dituntut untuk membaca, berfikir dan mengambil keputusan dalam waktu sepersekian detik untuk bisa mengembalikan servis tersebut, mau kita terima dengan cara flik, spin, push, loop ataupun chop tergantung arah bola dan jenis servis yang datang. Usahakan kita mengembalikan ke arah yang sulit diserang oleh lawan. Jika terpaksa diserang lawan, maka kita harus menyiapkan block terbaiknya agar tidak menguntungkan pihak lawan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/enam-belas-centimeter.html?m=0

Untuk belajar cara mengembalikan servis, seringlah dicoba saat latihan dan jika perlu minta pendampingan teman bermain ataupun pelatih.
Latihan adalah saat yang tepat untuk mencoba mengaplikasikan teknik baru atau yang belum kita kuasai.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar