Cari Blog Ini

Kamis, 12 Januari 2023

Rahasia Cara Melawan Karet Bintik Panjang pada Tenis Meja bagi Pemula

 

Rahasia Cara Melawan Karet Bintik Panjang pada Tenis Meja bagi Pemula


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat

Tidak semua pemain paham bagaimana cara menaklukkan lawan berkaret bintik panjang/ longpips. Bahkan ada pemain yang begitu handal saat melawan pemain berkaret licin/ biasa (inverted), namun terlihat tak berdaya saat melawan pemain yang menggunakan karet bintik panjang (longpips).
Persoalannya karena karet bintik panjang menghasilkan efek yang berbeda dengan karet polos/ licin/biasa (inverted).

Untuk dapat bermain dengan baik dan dapat memenangkan pertandingan melawan pemain yang menggunakan karet bintik panjang/ longpips, maka kita harus mengetahui karakter dari karet jenis tersebut dan menjalankan taktik permainan yang tepat.

Karakter
Pada dasarnya jenis karet bintik panjang mempunyai karakter lebih lambat, yaitu bola yang datang setelah terjadi kontak dengan karet ini menjadi lebih lambat.
Bintik Panjang mempunyai sifat "meneruskan bola", maka efek yang timbul antara lain mengubah jenis bola yang datang (misal bola top spin akan berubah menjadi back spin), menambah kekuatan spin yang datang, dengan mem`push` bola yang bermuatan back spin akan menghasilkan top spin yang ringan, dengan melakukan chop ke arah bawah terhadap bola back spin maka akan menghasilkan kembalian back spin yang maximum.
Dengan demikian akan terjadi rumus sederhana: kosong itu isi, isi itu kosong, artinya jika bola dari kita kosong maka akan kembali menjadi bola isi, dan jika bola dari kita isi maka akan kembali menjadi bola kosong.

Cara Bermain
Setelah mengetahui dan memahami efek-efek bola yang dihasilkan karet bintik panjang, maka untuk dapat memenangkan pertandingan harus diterapkan taktik yang tepat.
Posisi kita harus selalu dekat dengan meja, lakukan servis panjang, jangan melakukan loop/ pukulan spin berulang-ulang dengan irama yang sama, gunakan push cepat dan panjang selanjutnya lakukan serangan, sering gunakan bola panjang tanpa spin untuk menekan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/bintik-proses-binpros-dalam-tenis-meja.html?m=0

Sparing Partner
Setelah kita mengetahui dan memahami efek-efek yang dihasilkan oleh karet bintik panjang dan taktik yang tepat untuk menghadapinya, maka satu hal yang penting dilakukan adalah sering melakukan sparing partner dengan pemain yang menggunakan jenis karet bintik panjang agar terbiasa dengan efek-efek yang ditimbulkan.

Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: