Cari Blog Ini

Rabu, 18 Januari 2023

Mengenal Spin (Putaran Bola) dalam Tenis Meja

 

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Spin atau putaran bola dalam tenis meja merupakan ciri yang sangat menonjol dalam permainan tenis meja. Bola yang digunakan dalam tenis meja berbobot ringan karena terbuat dari bahan seluloid yang sangat sensitif terhadap gesekan karet pada bet.

Yang dimaksud dengan spin/ putaran bola dalam permainan tenis meja adalah laju bola melintir atau berputar.

Putaran bola dalam tenis meja dapat dibedakan menjadi tiga yaitu putaran ke depan, ke belakang, dan ke samping.

Putaran bola ke depan
Putaran bola ke depan biasanya terjadi dari hasil pukulan topspin, yaitu menggesekkan bola pada bet yang diayun ke atas.
Pukulan ini menghasilkan bola berputar ke depan, laju bola lebih lambat dan membentuk lintasan parabola (melengkung tajam). Begitu menyentuh meja lawan, bola akan memantul secara cepat.
Jika lawan kurang sempurna dalam mengembalikannya, maka arah bola akan naik ke atas.

Putaran bola ke belakang
Putaran bola ke belakang terjadi dari hasil pukulan backspin, yaitu menggesekkan bola pada bet yang diayun ke bawah. Pukulan backspin membuat bola melaju berputar ke belakang dan membentuk lintasan datar. Setelah menyentuh meja lawan, bola cenderung memantul lamban. Jika lawan kurang sempurna dalam mengembalikannya, bola akan cenderung menukik dan menyangkut di net.

Putaran bola ke samping
Putaran bola ke samping, baik ke samping kanan maupun ke kiri, biasanya terjadi dari hasil pukulan sidespin.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/rileks-dalam-bermain-tenis-meja.html?m=0

Kunci permainan tenis meja untuk mendapatkan poin atau angka adalah kecepatan (speed), penempatan (placement), dan putaran (spin).
Teruslah berlatih mengenal putaran bola agar bisa mengantisipasi putaran yang terjadi dan lebih percaya diri dalam bermain.


Semangat sehat dan salam 🏓


 

2 komentar: