Cari Blog Ini

Sabtu, 14 Januari 2023

Rileks Dalam Bermain Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Olahraga tenis meja adalah olahraga yang membutuhkan relaksasi baik otot maupun pikiran. Ketegangan hanya akan berpengaruh kurang baik terhadap permainan.

Ingat, bola pingpong itu bobotnya  sangat ringan dan bola itu juga selalu berputar dalam lajunya. Jika kita tegang dengan genggaman kencang dan pukulan yang keras dan kaku, kita akan menghentikan gerakan bola itu di udara. Sebelum bermain, lemaskan otot tubuh dan genggaman tangan kita dengan stretching/ peregangan yang cukup . Bola pingpong hanya perlu dipukul dengan sentuhan yang ringan, baik saat bola bergerak langsung ke arah kita ataupun kita harus mengejarnya lebih dahulu.

Selain membutuhkan otot tubuh yang rileks, kita juga harus menjaga pikiran agar tidak tegang. 
Jika kita kehilangan kendali emosi, kita akan dengan mudah menyerahkan kemenangan permainan kepada lawan.
Jika kita tidak berhasil mengembalikan beberapa pukulan secara berturut-turut, jangan marah/ emosi, tetap kontrol emosi dan balaslah dengan serangan balik. Jangan menyerah hingga permainan selesai.

Dalam tenis meja, arah permainan bisa berbalik dengan sangat tiba-tiba. Tetap jaga konsentrasi bermain, agresif dan gigih.
Menjelang akhir pertandingan, janganlah kita menjadi pasif dan berharap lawan melakukan kesalahan, ini adalah waktu untuk mengambil inisiatif dan dapatkanlah!

Jika kita dipaksa pontang-panting oleh lawan, jangan biarkan bola mengenai lantai tanpa ada usaha ayunan bet kita. Cobalah untuk menggapai setiap bola yang datang walau bagaimanapun sulitnya posisi kita, sebab setiap point sangat berharga. Pukulan chop atau lob bukan pilihan yang salah jika hanya itu pilihannya. Teruslah berusaha untuk mengembalikan bola di luar jangkauan kita, yang mana ini akan membantu kita membuat langkah yang cepat atau refleks yang bagus. Lawan kita akan berkecil hati dan berfikir jika pukulan terbaik mereka bisa dikembalikan, dan mereka akan yakin bahwa tidak ada point yang gratis.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/relaksasi-pingpong-nusantara.html?m=0


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar:

  1. sepertinya saya kenal pemain yang di kiri, sehhat sehat ya pak kas..

    BalasHapus