Cari Blog Ini

Kamis, 05 Januari 2023

Latihan shadow pada tenis meja


Latihan shadow pada tenis meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Berjalan, berlari, berenang, bersepeda atau aktivitas aerobic merupakan cara yang baik untuk kesehatan pada umumnya dan dapat meningkatkan permainan tenis meja.
Jika dilakukan secara rutin dan konsisten akan membentuk kondisi kesehatan yang bagus dan akan membuat perbedaan pada setiap akhir turnamen. Jika terasa ada gangguan, hentikan dan konsultasi dengan dokter.

Latihan shadow/ bayangan merupakan suatu bentuk latihan tanpa menggunakan bola pingpong serta membayangkan bola datang ke arahnya.
Manfaat latihan bayangan sangat besar terhadap peningkatan teknik-teknik pukulan dalam tenis meja sehingga dapat mengembangkan teknik permainan.

Latihan shadow/ bayangan ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan yang terjadi secara berulang-ulang dan ditujukan untuk memperkecil kesalahan.

Jenis latihan ini bisa dilakukan sendiri menggunakan bet pada umumnya ataupun bet besi/ pemberat. Memperbaiki gerakan secara shadow akan membiasakan diri memperbaiki gerakan pukulan secara benar. Jika dilakukan secara terus menerus, latihan shadow dapat meningkatkan kemampuan, gerakan yang sulit akan terasa mudah kita lakukan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=0

Dalam melakukan latihan shadow ini, bayangkan teknik-teknik pukulan khususnya pukulan push dengan
cara forehand maupun backhand.
Kemampuan melakukan pukulan push dengan baik akan memberikan manfaat yang begitu besar, kita akan mampu mengarahkan bola ke daerah lawan lebih akurat dan cepat, bahkan kita enjoy dalam penguasaan lapangan, sehingga pengembalian bola dari lawan dapat diantisipasi dengan baik dan kita dapat bergerak dengan leluasa kearah datangnya bola. Dengan demikian kita akan lebih mudah memperoleh poin serta memenangkan pertandingan.

Seberapa penting latihan shadow/ bayangan bagi pemain tenis meja? Sangat penting, namun begitu pilihan tetap kembali lagi kepada pemain tersebut, masih perlukah latihan shadow untuk memperbaiki gerakan pukulannya atau tidak.

Semangat sehat dan salam πŸ“

6 komentar: