Cari Blog Ini

Rabu, 04 Januari 2023

Cara Cepat Menguasai Permainan Tenis Meja

 

Cara Cepat Menguasai Permainan Tenis Meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat

Jika mengulas permainan tenis meja, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas tips memenangkannya. Setidaknya ada beberapa cara bermain tenis meja buat kita yang masih ingin meningkatkan level permainan.

1. Posisi Badan/ Stance

Saat bermain tenis meja, kita disarankan untuk memposisikan badan sedikit membungkuk. Sedikit condongkan badan kita ke depan mendekati meja. Dengan posisi seperti ini, kita menjadi lebih siap dan mudah dalam melakukan pengembalian bola ataupun melakukan serangan balik.

Posisi badan/ stance yang benar akan membantu kita dalam bergerak mengikuti arah datangnya bola.
Ada beberapa posisi badan yang biasa dilakukan oleh pemain Tenis Meja.

Pertama, badan kita berada pada posisi sisi meja (side). Posisi ini lebih sering digunakan oleh pemain berkarakter serang saat akan melakukan serangan terhadap lawan.

Kedua, posisi badan menghadap net dan mengambil posisi tengah. Posisi ini butuh ketepatan positioning yang bagus. Selain posisi badan, pada posisi ini juga perlu memperhatikan posisi kaki yang tepat. Hal ini agar memudahkan kita melakukan pergerakan. Posisi ini sering dipakai oleh pemain berkarakter defense/ bertahan, seperti pemain bintik.
Posisi seperti ini lebih banyak digunakan untuk posisi mengembalikan servis yang datang atau sebagai blocking.

2. Perhatikan Pemain Lawan

Cara bermain tenis meja yang dapat memperbesar peluang meraih poin adalah dengan memperhatikan lawan. Hal itu berarti kita sebaiknya tidak hanya fokus pada arah bola saja, tetapi juga terhadap pergerakan lawan. Dengan menganalisis pergerakan lawan, diharapkan kita dapat mengantisipasi bola dengan baik.

Selain itu, kita bisa menemukan celah kelemahan lawan yang bisa kita jadikan target memperoleh poin. Tidak mudah memang, tetapi kita akan makin terbiasa setelah beberapa kali membiasakannya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/enam-belas-centimeter.html?m=1

3. Pakailah Bet Yang Nyaman

Satu hal lagi yang dapat mendukung permainan kita adalah pemakaian bet. Pakailah bet yang cocok dan ternyaman di tangan kita. Dengan begitu, kita dapat melakukan servis dan pengembalian bola dengan nyaman pula.

Cara bermain tenis meja yang benar perlu kita pahami sebelum memainkannya. Begitu juga dengan peraturan bermain tenis meja beserta tips buat kita yang masih pemula. Seiring berjalannya waktu, peraturan-peraturan tersebut akan selalu teringat di luar kepala dan kita siap memenangkan setiap pertandingan.

Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: