Cari Blog Ini

Jumat, 13 Januari 2023

Cara Melatih Kecepatan Gerak Tangan (hand speed) pada Tenis Meja

 

Cara Melatih Kecepatan Gerak Tangan (hand speed) pada Tenis Meja


Oleh Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Olahraga tenis meja adalah olahraga yang mengutamakan kelincahan dan kecepatan dalam bergerak. Tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang paling fundamental mendukung permainan menjadi lebih hidup dan bervariasi.

Ukuran bola pingpong yang kecil dan mempunyai laju cepat menuntut pemain bisa bergerak lebih cepat daripada laju bola. Terlambat sepersekian detik bola tak akan terjangkau oleh tangan kita. Lantas bagaimana tips meningkatkan reflek/ kecepatan gerak tangan kita?

Kecepatan gerak tangan kita ketika bergerak ke arah target bola membutuhkan proses yang tidak instan. Kecepatan gerak tangan bisa ditingkatkan dengan berbagai latihan rutin. Mengasah reflek dengan program multiball ataupun stroke dengan teman berlatih adalah hal terbaik untuk dilakukan. Bisa juga berlatih shadow menggunakan beban/ bet besi agar nantinya tangan menjadi terasa lebih ringan pada saat bermain yang sesungguhnya, dengan demikian tangan menjadi lebih lincah dalam bergerak.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/adakah-korelasi-antara-kecerdasan.html?m=0

Kekuatan serta kelincahan kaki dan tangan sangat dominan dalam mendukung permainan, karena akan sangat berpengaruh terhadap gerakan cepat untuk mendukung akurasi pukulan. Kuda-kuda yang baik akan mempengaruhi penguasaan lapangan, sedangkan kecepatan gerak tangan akan memudahkan dalam mengantisipasi datangnya bola, sehingga kita bisa memukul bola dengan cepat dan akurasi yang baik. Banyak faktor lain yang harus dilatih selain permainannya itu sendiri agar performa dalam bermain semakin baik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar