Cari Blog Ini

Senin, 30 Januari 2023

Sidespin Dalam Tenis Meja

 

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja adalah permainan yang lebih mengandalkan spin (putaran bola) dibandingkan dengan olahraga lainnya yang memakai bet/ raket sebagai alat pemukulnya. Itu bisa menggairahkan mata penonton sekaligus membuat lawan frustasi. Sidespin/ putaran samping, jika putarannya tidak dilawan dapat menyebabkan bola keluar dan melenceng dari bet lawan dengan sudut yang luar biasa. Lantas, dengan cara apa kita bisa menangani putaran samping?

Putaran samping cenderung menghasilkan bola melengkung di udara, jadi untuk menghadapinya, langkah pertama adalah mengamati laju dan putaran bola. Langkah kedua adalah memastikan kita melakukan kontak yang baik dengan bola melengkung. Misalnya, dapat kembali dengan sapuan kuas dan mengontrol putaran bola atau memiringkan bet kita untuk mengontrol bola.

Pukulan side-spin terbentuk ketika bet lawan menyentuh bola dalam gerakan pukulan menyamping, baik dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Akibatnya, sangat penting untuk memahami cara menafsirkan putaran, terutama putaran samping, untuk melawan dan menangani tembakan dengan sukses. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat lebih dekat membaca putaran dan mengembalikan putaran samping.

Servis sidespin sulit untuk dikembalikan karena putaran bola mendorong pukulan kita melebar ke kanan atau kiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca arah sidespin secara teliti dan akurat. Ini mungkin tampak sedikit rumit, tetapi harus dipelajari. Sering kita lihat saat pemain hendak menerima servis membungkukkan badannya dan menatap serius ke arah lawan. Ini bukanlah gaya-gayaan pemain, namun memang membutuhkan pengamatan yang teliti terhadap putaran bola yang akan kita terima.

Bola tenis meja akan memantul ke arah yang sama dengan bet lawan. Misalnya, bola akan memantul ke kanan jika bergerak dari kiri ke kanan. Begitu pula sebaliknya, bola akan memantul ke kiri jika bergerak dari kanan ke kiri.

Cukup ikuti arah bet, dan bola akan terseret ke arah yang sama. Jadi, misalnya, jika kita menerima servis putaran samping, kita akan berurusan dengan servis pendek atau panjang, keduanya bisa memiliki putaran samping. Maka dengan itu dalam pikiran, inilah cara menghadapinya.

Mengembalikan Servis Pendek yang Memiliki Spin Samping
Dalam servis pendek, juga dikenal sebagai servis rendah, kita memukul servis pendek di depan meja lawan, mencegah mereka melakukan pukulan agresif. Saat mengembalikan servis sidespin pendek, kita memiliki banyak pilihan.
Kita dapat mengembalikan bola pendek (sentuhan), dapat meluncurkan bola dengan jarak yang cukup jauh, dapat pula menggunakan pergelangan tangan kita untuk menyerang bola (flik).
Untuk mengimbangi putaran yang berubah pada bola, sudut bet dan gerakan pukulan kita harus agak berbeda dari pukulan balik biasa. Kita tidak perlu bergerak terlalu jauh di bawah bola jika menggunakan gerakan mendorong balik (panjang atau pendek).

Saat mendekati bola dengan flik, kita mungkin lebih agresif dan bergerak lebih dalam ke bola. Kita tidak perlu terlalu sering mengangkat atau menyikatnya. Ingatlah untuk mengubah lokasi pengembalian kita sesuai dengan apakah servis lawan memiliki sidespin kiri atau kanan.

Bagi pemula ini mungkin tampak banyak kesulitan pada awalnya, tetapi dengan beberapa latihan dan keahlian dalam mengembalikan servis, kita akan mulai melakukannya secara naluriah. Bahkan para ahli mengklaim bahwa respons otomatis terhadap putaran samping datang kepada kita seiring berjalannya waktu, latihan, dan pengalaman.

Mengembalikan Servis Panjang yang Memiliki Spin Samping
Servis panjang memantul sekali di sisi meja, biasanya dalam jarak enam inci dari garis ujungnya. Fokusnya adalah pada kejutan dan kecepatan untuk mendorong bola lawan ke pengembalian yang lebih lemah, yang mungkin diserang balik oleh server. Saat mengambil servis sidespin panjang, kita memiliki dua opsi. Topspin dapat digunakan untuk menyerang atau backspin untuk mengarahkan bola.

Membaca dan mengembalikan putaran akan membutuhkan waktu untuk menyempurnakannya, tetapi begitu kita menguasainya, kita akan secara otomatis membuat perubahan yang sesuai. Semuanya bermuara pada memori otot.

Teorinya, menerima servis topspin akan naik dari bet kita, sedangkan servis sidespin akan melayang ke samping. Mencoba mengembalikan beberapa metode dari setiap jenis putaran untuk mempelajari cara memodifikasi sudut bet kita agar pengembalian bola kita tetap rendah dan di atas meja.

Setelahnya kita akan menemukan sudut yang sempurna dan mengulanginya sampai menjadi kebiasaan. Kemudian, dengan latihan kita akan meningkatkan kemampuan kita untuk mengenali kekuatan pukulan sidespin dan memainkan pengembalian bola yang lebih tepat.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/mengenal-spin-putaran-bola-dalam-tenis.html?m=0

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/latihan-shadow-pada-tenis-meja.html?m=0

Perlu diingat bahwa jenis karet pada bet kita menentukan seberapa banyak putaran mempengaruhi arah pukulan kita, jadi berlatihlah mengembalikan beberapa pukulan putaran setiap kali kita mendapatkan bet baru atau mengganti karet kita.

Bagi pemula seperti saya yang belum menguasainya jangan berkecil hati. Bahkan pemain pro terkadang melakukan kesalahan, terutama saat menghadapi servis baru dari lawan baru.

Pada akhirnya, latihan adalah kunci untuk dapat membaca dan mengidentifikasi putaran bola yang telah diterapkan lawan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar