Cari Blog Ini

Minggu, 15 Januari 2023

Daya Ledak Pukulan Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Seberapa besar ledakan gerakan dan pukulan kita?
Dunia tenis meja merupakan olahraga yang membutuhkan stamina, teknik, strategi, kelincahan, ketelitian dan kecerdasan berfikir untuk mendukung setiap permainan. Namun semua itu harus dilatih secara intens.

Untuk meningkatkan pukulan yang bisa mematikan lawan misalnya, kita harus berlatih secara rutin dan berulang-ulang. Pukulan yang disertai ledakan dalam pengenaan bolanya membutuhkan power pada bagian tubuh tertentu, yaitu pergelangan tangan yang didukung oleh kekuatan otot lengan.

Untuk melatih power pada otot tubuh tertentu agar menghasilkan daya ledak pukulan bisa dengan angkat beban (dumble). Latihan shadow dengan bet besi juga bisa dicoba untuk meningkatkan power tangan kita. Cobalah fokus membentuk kekuatan otot bagian lengan hingga pergelangan tangan dan jari-jari. Manfaatkan kekuatan yang kita dapat pada saat memukul bola. Lemaskan tangan saat awalan pukulan, namun mainkan hentakan pergelangan tangan kita pada saat pengenaan bola.

Ada kontribusi yang signifikan kekuatan otot lengan dan pergelangan tangan terhadap kemampuan daya ledak pukulan pada permainan tenis meja.
Daya ledak pukulan mempengaruhi kecepatan dan percepatan laju bola. Akan mengaburkan prediksi lawan, karena daya ledak pukulan berawal dari awalan yang biasa-biasa saja, namun diakhiri dengan power yang kuat dalam penyelesaiannya. Teknik ini bisa diterapkan pada backhand maupun forhand attack.
Lakukan konsultasi dengan pelatih untuk memaksimalkan hasil latihan ini.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kekuatan-dalam-bermain-tenis-meja.html?m=1


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar