Cari Blog Ini

Rabu, 10 Mei 2023

Selain Olahraga, Tenis Meja juga Sebagai Terapi

 

Selain Olahraga, Tenis Meja juga  Sebagai Terapi

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja terlihat biasa seperti kebanyakan olahraga yang lain, namun dibalik itu ternyata tenis meja merupakan olahraga istimewa. Bagamana tidak? Selain manfaat olahraga kita dapatkan, tenis meja juga bisa sebagai  terapi  tambahan, bisa pula membantu memperbaiki kinerja kita dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan lincah para pemainnya menghasilkan banyak keringat.

Yang pasti, tenis meja merupakan cabang olahraga yang cukup efektif dalam menghasilkan keringat, mengeluarkan toksin tubuh. Dibandingkan dengan yang lainnya, tenis meja memiliki beberapa keunggulan. Cabang olahraga ini mempunyai peran sangat penting dalam bidang rehabilitasi.

Salah satu dokter olahraga, Dr. Sadoso Sumosardjuno. Sp.KO. pernah menjelaskan dalam tulisannya bahwa Tenis Meja menjadi terapi rekreasi yang tak ternilai harganya untuk penyandang cacat fisik seperti polio, paraplegia, hemiplegia, ampute (bagian badannya ada yang diamputasi), radang sendi, dan lain-lain, bahkan untuk penderita penyakit mental.
Oleh karenanya, saat ini di semua instansi perawatan penyakit mental negara-negara maju, tenis meja digunakan sebagai olahraga untuk terapi tambahan.

Sebagai olahraga pendukung, permainan tenis meja bisa pula membantu memantapkan kondisi untuk olahraga lain. Olahraga tenis meja juga berperan yang sangat berarti untuk meredakan ketegangan atlet olahraga lain saat musim kompetisi, seperti atlet catur dan bridge.

Bahkan jika ada anggota keluarga yang sudah lanjut usia,  tenis meja juga bagus untuk mereka. Semua itu karena tenis meja mempunyai pengaruh untuk pemantapan kondisi.

Secara fisiologis, tenis meja memberi keuntungan kepada para pemainnya. Saat melakukan olahraga ini, segala penyimpangan masalah kesehatan dan tekanan kehidupan sehari-hari  akan berkurang.

Dari penelitian-penelitian tampak bahwa setelah berolahraga mereka menjadi lebih segar bugar.

Gerak reflek, respons yang otomatis dan sangat cepat dalam permainan tenis meja memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Efeknya, seorang atlet tenis meja cenderung memiliki reaksi lebih cepat dalam keadaan gawat mendadak.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/bermain-tenis-meja-untuk-investasi.html?m=1

Teruslah berolahraga untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan tentu demi kualitas hidup yang lebih baik.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar