Cari Blog Ini

Rabu, 26 Juli 2023

Bagaimana Strategi Memenangkan Pertandingan Tenis Meja??

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Selain fisik dan stamina, tenis meja merupakan olahraga yang membutuhkan olah pikir. Kita harus terus berpikir selama pertandingan agar strategi penguasaan permainan tetap terjaga. 

Pemain dengan teknik yang baik bisa mengalami kesulitan dalam pertandingan kompetitif, tentu pemenangnya selalu memiliki kemampuan eksplorasi permainan saat dibutuhkan, bahkan saat bermain melawan pemain yang lebih baik.

Kita perlu berlatih keras dalam mengembangkan keterampilan, tetapi berpikir cerdas selama pertandingan akan memungkinkan kita mengalahkan pemain yang lebih terampil secara teknis daripada kita. 

STRATEGI MEMENANGKAN PERTANDINGAN:

Ketahui permainan diri sendiri
Langkah pertama yang harus kita ambil untuk menjadi efektif dalam tenis meja adalah mengenal permainan diri sendiri untuk bermain sesuai dengan gaya bermain kita .

Langkah ini sangat penting bagi setiap pemain tenis meja. Jika kita tidak mengenal permainan diri sendiri, kita tidak akan tahu apa yang harus dilakukan dalam sebuah pertandingan. Ide mengembangkan gaya bermain juga bergantung pada pemikiran dalam menjalankan strategi untuk keahlian kita. 

Kekuatan dan kelebihan pukulan yang kita punya harus dikembangkan selama pertandingan. 
Menang atau kalah adalah hal biasa, namun analisis dan kecepatan berpikir berperan penting dalam pertandingan

Apakah kita memiliki banyak kesalahan sendiri saat memukul bola? Apakah kita banyak memenangkan poin dengan membuka serangan? Berapa banyak poin yang kita peroleh saat kita dipaksa bertahan? Apakah kita lebih baik dengan forehand atau backhand kita? Bagaimana kita menghadapi putaran lawan?
Pertanyaan-pertanyaan ini harus dianalisis secara cermat dengan pemikiran yang cerdas. 

Selain itu, dengarkan pendapat pelatih kita dan orang lain, karena biasanya mereka memberikan input pada bagian blind spot pada diri kita. 
Setelah itu, tulis atau pikirkan daftar lengkap kekuatan dan kelemahan kita.

Rencanakan pertandingan sehingga kita bermain dengan kekuatan dan gaya kita untuk  menutupi kelemahan kita. 

Jika kita konsisten memainkan kekuatan diri sendiri,  secara drastis persentase kemenangan akan meningkat. Kita bermain dengan rencana yang jelas, berusaha untuk memainkan gaya permainan kita sendiri.

Pendekatan dengan pola pikir yang baik
Memiliki pola pikir yang baik sejak awal menjadi hal yang sulit, untuk alasan inilah kita juga harus melatih mental bermain. 

Hindari berpikir menjadi juara satu saat akan berangkat mengikuti turnamen, karena akan menjadi beban dan menjadi kekecewaan atau frustasi jika tujuannya tidak tercapai. 

Sebaiknya kita tetapkan tujuan yang berorientasi pada proses. Berusaha fokus bermain sebaik mungkin dengan meminimalisir kesalahan adalah hal terbaik setiap pemain, sehingga skenario ini akan membuka peluang meraih kemenangan. 

Lakukan pemanasan 
Lakukan pemanasan sebelum bermain. Luangkan waktu untuk melakukan pukulan forehand dan backhand yang konsisten.

Analisis permainan lawan 
Pertama dan terpenting, kita harus melihat peralatan apa yang dipakai lawan. 
Apakah sang lawan bermain dengan karet licin, bintik pendek, bintik panjang, atau yang lainnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/skenario-bermain-cerdas-dalam-tenis.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/cerdas-bermain-tenis-meja.html?m=1

Kobarkan api semangat untuk selalu berusaha memenangkan setiap pertandingan, dan sejukkan hati ketika menerima kekalahan dengan kepala tegak dan ucapkan selamat kepada lawan yang telah bermain lebih baik. 
Tetaplah optimis menyambut masa depan yang manis. 



Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar