Cari Blog Ini

Rabu, 12 Juli 2023

Prestasi Tenis Meja, Pentingkah Melatih Mental Pemain?

 


Oleh: Kasmono Monex,  penggemar hidup sehat




Tenis meja sebagai salah satu olahraga prestasi harus dipersiapkan dengan baik dari aspek fisik, teknik, taktik dan mental. Keempat aspek tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam pelatihan  tenis meja prestasi.

Sulit rasanya prestasi dapat tercapai tanpa pelatihan yang terencana dan terprogram secara sistematis. Dan siapa bilang mental yang baik tidak penting bagi seorang atlet tenis meja? 

Mental sangat berkaitan dengan pikiran dan proses berpikir yang melibatkan emosional dan intelektual.

Latihan mental dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1. Berfikir positif, 
2. Membuat catatan harian latihan mental, 
3. Penetapan sasaran, 
4. Latihan relaksasi, 
5. Latihan visualisasi dan imajeri, 
6. Latihan konsentrasi. 

Cara-cara ini harus disesuaikan 
dengan karakter atau kepribadian atlet dan diterapkan secara variasi agar atlet tidak mengalami kejenuhan. Batin dan watak seorang atlet sangat dominan terhadap mentalnya dalam merespons emosional dan intelektual dengan realitas eksternal.

Latihan mental atlet tenis meja dilakukan sepanjang atlet menjalani latihan, karena latihan mental tidak dapat dipisahkan dari program latihan tahunan atau periodesasi latihan. 

Latihan tersebut  umumnya tidak terikat oleh waktu, sehingga dapat dilakukan kapan saja. Namun ada kalanya memerlukan waktu khusus (terutama saat-saat pertama mempelajari latihan relaksasi dan konsentrasi).

Mental training atau latihan mental merupakan latihan yang diprogramkan dan dilakukan dalam bentuk kejiwaan baik kognitif, afektif, maupun psikomotor secara 
terorganisir.

Latihan mental menjadi sangat penting, karena atlet yang sukses adalah orang yang sangat termotivasi, fokus, dan percaya diri sehingga memperoleh kemampuan untuk mengendalikan dan fokus emosi kita menjadi kekuatan positif dalam mencapai kinerja yang optimal dalam kondisi stres yang tinggi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/psykologi-tenis-meja-wajib-diketahui.html?m=1

Tetaplah semangat berlatih  sesuai porsi jadwal yang ditentukan, karena belajar keterampilan motorik dan menguasai kendali merupakan bagian dari psikologi bagaimana atlet bisa belajar keterampilan tenis meja lebih cepat untuk persiapan meraih prestasi puncak.


Semangat sehat dan salam 🏓










 

 

  

 


















 

 

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar