Cari Blog Ini

Kamis, 04 Mei 2023

Psykologi Tenis Meja, Wajib Diketahui Setiap Pemain

 

Psykologi Tenis Meja, Wajib Diketahui Setiap Pemain

Oleh: Kasmmono Monex, penggemar hidup sehat



Teknik olahraga tenis meja sangat sulit dikuasai oleh pemain, terutama dari kalangan pemula. Sisi mental menjadi yang utama dalam olahraga ini.

Pemain dituntut 100% konsentrasi dan mengelola energi mental kita. Berkonsentrasi sangat penting, tetapi itu saja tidak cukup.
Banyak hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan permainan mental untuk membantu mengelola emosi saat bermain agar  pada akhirnya membuat kita lebih banyak memenangkan pertandingan.

Apa yang harus pemain lakukan:
Fokus pada proses, bukan hasil
"Proses tak akan pernah mengkhianati hasil". Ungkapan ini sangat cocok diterapkan oleh pemain. Jangan berfikir dengan orientasi pada hasil terlebih dahulu, tetapi fokus kepada proses latihan agar tujuan yang berorientasi hasil lebih mudah dicapai.

Dalam kompetisi tenis meja, semua pemain mempunyai orientasi pada hasil, yaitu menjadi juara.
Dalam hal ini, pemain harus dapat mengontrol seberapa baik dalam bermain, yang secara langsung akan memengaruhi persentase kemenangan. Mungkin hasilnya bisa menang atau kalah, tetapi bermain dengan baik adalah proses yang harus dilalui. Dengan kata lain, jangan fokus pada hasil (menang atau kalah), tetapi fokus pada proses.

Jika kita menetapkan tujuan yang berorientasi pada kinerja daripada tujuan hasil yang maksimal, fokusnya akan diletakkan pada bermain dengan baik, daripada menang. 

Bermain dengan baik akan memberi peluang lebih besar untuk menang, dan jika kalah tetapi telah bermain dengan baik, kita tidak akan terlalu merasa kecewa, karena tujuan kita sejak awal adalah bermain dengan baik. Cara berpikir seperti ini akan jauh lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

Jika kita terus fokus pada peningkatan dan bermain dengan baik, seiring waktu kita akan jauh lebih berkembang daripada pemain lain yang tidak peduli bermain dengan baik dan hanya menginginkan kemenangan.

"Saya harus menang", kalimat ini hanya akan memberi tekanan ekstra pada diri sendiri dan akan berubah menjadi frustrasi ketika tertekan dan kalah.

Jangan menganalisis permainan untuk menang atau kalah, cobalah untuk tampil maksimal. Jika kalah, terimalah bahwa lawan kita lebih baik dan belajarlah dari kesalahan serta jangan mencari-cari alasan.

Jangan meremehkan atau melebih-lebihkan lawan
Dalam sebuah kompetisi/ turnamen, kita harus menghormati setiap pemain, semua punya alasan mengapa mereka ada di sana, yaitu ingin bermain baik dan menjadi pemenang.

Lawan dengan peringkat lebih rendah seharusnya tidak bisa mengalahkan kita, tetapi jika kita kehilangan konsentrasi dan meremehkannya, peluang kita untuk kalah akan jauh lebih tinggi.
Sedangkan melebih-lebihkan lawan akan menghambat peluang sukses  sama seperti meremehkan mereka.

Semua tekanan untuk menang ada pada pemain dengan peringkat lebih tinggi.
Dalam tenis meja apapun bisa terjadi, jika percaya pada diri sendiri kita melakukannya, kita akan mencetak peluang kemenangan besar atas lawan tangguh lebih sering daripada yang kita kira.

Sempurnakan rutinitas di antara poin 
Salah satu hal terpenting dalam bermain tenis meja adalah memiliki rutinitas yang efisien antar poin. jaga terus konsentrasi selama permainan berlangsung.
Manfaatkan waktu antar poin sebaik-baiknya. Memiliki rutinitas yang baik akan sangat mempengaruhi mood dan tingkat konsentrasi saat bermain.

Fokus hanya pada poin berikutnya dan hentikan alasan, ini disebut mentalitas poin berikutnya. 
Menjadi sangat penting karena dalam tenis meja, mendulang poin adalah satu-satunya hal yang penting untuk memenangkan pertandingan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/skenario-bermain-cerdas-dalam-tenis.html

Yang membedakan pemain bagus dari pemain hebat adalah cara mereka memainkan poin-poin penting. Jika tujuannya untuk menjadi pemain profesional , hal yang terbaik harus dilakukan sebelum memainkan poin yang menentukan adalah meluangkan waktu kita.

Meluangkan waktu memperbaiki teknik dan menganalisis pertandingan dengan benar, menjadikan permainan akan meningkat.
Perlu diingat bahwa kita berlatih untuk satu tujuan yaitu menjadi lebih baik dan menyempurnakan keahlian kita. Tetaplah berlatih dengan tekun dan nikmati prosesnya dengan kesenangan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar