Cari Blog Ini

Rabu, 27 Desember 2023

Manfaat Mengikuti Turnamen Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan salah satu olahraga kompetitif, dimana pemainnya dituntut mempunyai keterampilan yang memadai untuk bisa ikut dalam suatu kompetisi atau pertandingan/ turnamen.

Keikutsertan turnamen atau kompetisi dalam tenis meja memiliki manfaat yang luar biasa. Selain melatih keterampilan dan sportivitas, turnamen mendorong pengembangan kemampuan mental, keberanian, kerja tim, serta meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi. Melalui turnamen, kita dapat belajar menghadapi tantangan, menguji kemampuan, dan meraih prestasi yang membanggakan.

Beberapa manfaat jika mengikuti turnamen tenis meja antara lain:

Meningkatkan Motivasi Berlatih 

Mengikuti turnamen atau kompetisi tenis meja dapat meningkatkan motivasi berlatih. Kita memiliki kesempatan untuk bersaing dengan pemain lain, sehingga kita akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan. Dengan mengikuti turnamen pula potensi dan keterampilan yang kita miliki dapat kita gali secara optimal.

Mengembangkan Keterampilan Kompetitif

Turnamen atau kompetisi dalam tenis meja memungkinkan kita untuk mengembangkan keterampilan kompetitif yang penting dalam kehidupan. Kita akan belajar tentang kerja tim, fair play, kemampuan mengendalikan emosi, dan keterampilan kepemimpinan yang dapat kita terapkan di dalam dan di luar lapangan. Turnamen juga membantu mengasah ketrampilan fisik seperti kecepatan, kekuatan, dan keterampilan teknis.

Meningkatkan Kesehatan dan Kondisi Fisik

Turnamen atau kompetisi tenis meja mendorong pemain untuk lebih aktif secara fisik. Dalam persiapan mengikuti kompetisi, pemain akan berlatih lebih intensif dan secara otomatis memperbaiki kebugaran dan kondisi fisiknya. Partisipasi dalam kompetisi juga dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dan kebugaran.

Menjalin Pertemanan

Turnamen juga dijadikan ajang silaturahmi bagi pemain, baik yang sudah kenal sebelumnya ataupun pemain muka baru. Turnamen tenis meja mempertemukan dan menjalin pertemanan antar pemain.

Dalam olahraga tenis meja, mengikuti turnamen atau kompetisi memiliki manfaat yang signifikan. Selain meningkatkan motivasi berlatih dan menjalin pertemanan, kompetisi juga membantu pemain mengembangkan keterampilan kompetitif dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran fisik. Oleh karena itu, penting bagi setiap klub/ PTM untuk mendorong partisipasi pemainnya dalam turnamen dan kompetisi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Turnamen atau kompetisi hanya sebagai sarana proses pencapaian target prestasi. Bagi pemain amatir, turnamen menjadi barometer bagi pemain dalam pencapaian prestasi.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar