Cari Blog Ini

Kamis, 28 Desember 2023

Siapkan Mental untuk Siap Menang dan Siap Kalah dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Selain untuk rekreasi bagi penghobi dan sebagian pemain amatir, tenis meja juga merupakan olahraga kompetitif. Dimana dengan kompetisi kemampuan dan prestasi setiap pemain dapat diukur dan mendapat pengakuan. Untuk mendapatkannya tentu tidak mudah, perlu pengorbanan dan mental yang kuat.

Menang dalam kompetisi, semua pemain pasti siap. Karena ini yang diharapkan setiap pemain. Menang adalah ekspektasi bagi semua pemain yang ikut kompetisi. Pemain harus bekerja keras, menggunakan strategi terbaik, mengerahkan semua kemampuan, tentu tujuannya untuk meraih kemenangan. Tidak ada yang ingin kalah. Maju untuk menang, bukan untuk kalah.

Ada hal yang harus terus ditanamkan dalam diri pemain, bahwa dalam kompetisi, hanya akan ada satu pemenang sebagai yang terbaik, pemain yang lain akan kalah. Siapa yang menang dan siapa yang kalah, semuanya punya peluang yang sama. Semua pemain tentu siap menang, tapi juga harus siap kalah. Ini bagian dari sikap yang dituntut dari seorang pemain yang menjunjung sportifitas. 

Prestasi pemain tidak bersifat absolut, langganan juara bukan berarti tidak akan merasakan kekalahan. Untuk menghadapi segala kemungkinan, siapkan mental untuk dapat menerima kemenangan ataupun kekalahan.

Banyak peserta yang telah memiliki mental juara namun tidak memiliki mental yang baik dalam menerima kekalahan.

Lolos menjadi peserta babak lanjutan dan  atau masuk dalam fase grand final sudah menunjukkan bahwa kita telah menjadi pemenang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/ketagguhan-mental-tidak-penting-dalam.html?m=1

Juara sejati adalah pemain yang tidak merasa tinggi hati ketika sedang berada di puncak prestasi, dan tidak putus asa saat sedang terpuruk. Justru keadaan terpuruk dijadikan sebagai cambuk motivasi untuk berlatih lebih giat lagi. 

Kuatkan mental, rajin berlatih dan tidak putus asa akan membawa ke arah yang lebih baik, karena setiap usaha yang kita lakukan tak akan pernah mengkhianati hasil.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar