Cari Blog Ini

Selasa, 02 Januari 2024

Latihan Tenis Meja Pagi, Sebaiknya Sarapan Dulu atau Tidak?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Latihan tenis meja pagi hari merupakan kegiatan olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan, sama baiknya dengan manfaat sarapan pagi. Namun terkadang menjadi dilema saat kita akan melakukan latihan pada pagi hari. Lantas mana yang baik, sarapan sebelum atau setelah berlatih?

Berlatih tenis meja atau berolahraga pagi hari sebelum sarapan aman menurut beberapa studi. Seperti penelitian yang pernah terbit di British Journal of Nutrition pada 2013 menyebutkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak tubuh 20% lebih banyak.

Jika ingin membakar lemak, tubuh harus menggunakan cadangan makanan berupa lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak, bahkan saat kita belum makan.

Bagaimana, masih malas latihan pagi hari karena belum sarapan? Latihan pagi tidak akan membuat kita kelaparan sepanjang hari, yang ada justru akan membuat sesi latihan pagi menjadi lebih optimal.

Saat kita latihan sebelum sarapan, terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin.

Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik, sehingga mampu membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, serta meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik.

Tetapi perlu diperhatikan, karena tidak semua orang boleh latihan atau olahraga sebelum sarapan.

Latihan pagi hari sebelum sarapan sangat cocok untuk orang yang ingin membakar lebih banyak lemak, karena semakin sedikit kalori dalam sistem pencernaan, semakin banyak lemak yang dibakar saat latihan karena tubuh mengambil cadangan makanan dari lemak. 

Namun, jika tujuannya untuk meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan, dan kecepatan, latihan tanpa asupan makanan, latihan pagi sebelum sarapan malah akan membuatnya menjadi tidak efektif, karena tubuh tetap membutuhkan kalori dalam proses metabolisme.

Latihan tenis meja sebelum sarapan juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena mereka sering mengalami kekurangan kadar gula darah (hipoglikemia), sebaiknya sarapan atau makan sedikit camilan sebelum latihan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/manfaat-tenis-meja-bagi-kesehatan-kalau.html?m=1

Sesuaikan latihan kita dengan kondisi kesehatan kita, bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar