Cari Blog Ini

Kamis, 08 Juni 2023

Apa Manfaat Tenis Meja Bagi Kesehatan?

 Kalau Mau Sehat, Ayo Pingpong!!


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Mayoritas diantara kita penghobi pingpong/ tenis meja pasti rajin berlatih agar bisa berolahraga sambil bersilarurahmi sesama penghobi. Selain itu latihan juga menjadi ajang rekreasi murah dan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun ada saja yang malas berlatih dengan berbagai alasan. Tetapi jika orientasi latihan kita untuk kesehatan, kita akan lebih bersemangat menjalaninya. Ketika kita terserang suatu penyakit, kita akan sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran. 

Sebelum sakit menghampiri kita, mari  lakukan latihan secara rutin baik yang sifatnya ringan maupun yang serius dan rasakan manfaatnya.
Diantara manfaat berolahraga tenis meja antara lain:
1. Meningkatkan reflek tubuh
2. Mencegah kepikunan
3. Membantu menurunkan berat badan
4. Meningkatkan kepadatan tulang
5. Meningkatkan stamina
6. Mengasah fungsi otak
7. Mengembangkan ketajaman mental
8. Sarana bersosialisasi dan rekreasi 

Menurut ahli kesehatan kita harus berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari agar tubuh tetap sehat. Selain berolahraga tenis meja, kita juga bisa melakukan olahraga ataupun aktivitas fisik yang lain seperti membersihkan rumah, bersepeda, menaiki tangga, dan sebagainya. Para ahli kesehatan menyarankan agar kita juga harus memeriksa kesehatan tubuh setiap 6 bulan sekali.

Dampak negatif jika kita jarang ataupun malas latihan maupun olahraga lain, tubuh kita mudah terjangkit virus ataupun penyakit, berat badan juga tidak terkontrol.

Selain itu, kualitas teknik yang kita miliki akan menurun seiring kelenturan dan massa otot yang tidak terjaga. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/bermain-tenis-meja-untuk-investasi.html?m=1

Kalau ingin teknik bermain kita terjaga atau bahkan meningkat,  ayo latihan tenis meja secara rutin. Tetapi perlu diingat,  kesehatan tetap nomor satu,  Oleh karenanya  kita juga perlu makan-makanan yang seimbang dan berkhasiat seperti sayur, buah, susu. Dan bukan hanya itu saja, agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, kita harus minum air mineral minimal 8 gelas tiap harinya. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/kualitas-massa-otot-dan-tenis-meja.html?m=1

Ayo, jangan bilang tak ada waktu untuk latihan  tenis meja tetapi banyak waktu untuk bermain handphone/game yang kurang bermanfaat bagi kehidupan. Atau jangan karena mainnya kalahan lantas malas berlatih. Tetaplah bersemangat latihan agar kondisi tubuh tetap terjaga. Kalau mau sehat, ayo pingpong!! 


Semangat sehat dan salam 🏓





2 komentar:

  1. Salam sehat untuk para penggemar tenis meja.

    BalasHapus
  2. Salam sehat kembali untuk semua viewer kasmonomonex.blogspot.com. Tks

    BalasHapus