Cari Blog Ini

Senin, 19 Februari 2024

Gaya Memegang Bet dan Manfaatnya

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga yang membutuhkan gerakan cepat, ketangkasan, serta fokus dan strategi yang baik. Jika ingin mahir bermain tenis meja, pertama-tama tentu kita harus mampu mengontrol bet dengan baik. Terdapat dua gaya dalam memegang bet yang kita kenal, shake hand grip dan pen hold grip. 

Shake hand grip

Shake hand grip adalah gaya memegang bet dengan tangan yang menempel pada gagang bet layaknya saat berjabat tangan. Gaya ini paling banyak digunakan, baik pemain pemula maupun profesional. Dengan shake hand grip, pergerakan tangan terasa lebih bebas sehingga memungkinkan kita untuk menghasilkan pukulan forehand dan backhand yang efektif. Gaya ini sangat cocok untuk pemain bertipe menyerang maupun bertahan.

Pen hold grip

Pen hold grip adalah gaya memegang bet dengan posisi jari-jari tangan seperti saat memegang pena. Gaya ini cocok digunakan untuk pukulan dekat meja dan pukulan menyamping (spin). Dengan gaya pen holder grip untuk melakukan pukulan spin akan memungkinkan menghasilkan putaran bola yang berkualitas

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

Meski gaya memegang bet tenis meja menjadi preferensi kita, dalam memilih bet tenis meja sebaiknya disesuaikan dengan tingkat keterampilan dan karakter bermain. 

Setiap pemain memiliki preferensi yang berbeda, termasuk dalam hal menentukan kenyamanan pegangan bet. 

Di pasaran, kita mengenal handle bet dengan desain kode FL dan ST. Apa sih arti dari kode tersebut?

Bet handle FL atau flare memiliki desain handle dengan bentuk yang melebar di ujung bawah pegangan, mirip dengan bentuk flare. Pas di genggaman tangan sehingga nyaman dipakai oleh pemain pemula sekalipun.

Handel flare masih menjadi pilihan yang populer di kalangan pemain tenis meja karena memiliki tingkat kestabilan yang baik. 

Bet handle ST atau straight memiliki desain handle dengan bentuk yang lurus. Handle lurus seperti ini sangat cocok bagi pemain yang bertangan besar/ lebar. Mengapa? Karena bagi pemain yang memiliki tangan yang besar, tentu akan membutuhkan ukuran pegangan bet yang lebih besar pula. Untuk mendapatkan fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih baik, pilihlah bet yang memiliki handel lurus (straight). 

Sesuaikan gaya pegangan bet dengan gaya permainan kita, sehingga nyaman dalam genggaman untuk mendukung performa bermain kita.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar