Cari Blog Ini

Jumat, 16 Februari 2024

Karakteristik Jenis Kayu Bet Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 




Selain karet, alat yang perannya sangat penting dalam tenis meja adalah kayu. Kedua elemen tersebut (karet dan kayu) jika digabungkan akan menjadi alat pemukul pada olahraga tenis meja dengan sebutan blade/ bet.

Kedua elemen tersebut menjadi topik paling menarik sebagai bahan diskusi oleh sebagian besar kalangan/ pemain. Karena karakteristiknya yang berbeda-beda, pemain berusaha memilih/ memiliki karet atau kayu yang cocok untuk menunjang performa permainannya. 

Dalam kesempatan ini penulis ingin menyajikan tentang "Karakteristik jenis kayu" sebagai pengayaan ilmu kita semua.

Sumber: http://www.butterflyonline.com/

Elemen Bet dan Hubungan dengan sifat bola yang dihasilkan:

1. Rubber = (topsheet rubber), membentuk putaran (spin) saat berkombinasi dengan sponge.

2. Sponge = (busa/lapisan dibawah topsheet), membentuk kecepatan (speed), membantu rubber/topsheet dalam membentuk spin.

3. Blade = kayu berlapis (ply wood) dengan 1, 3, 5, 7 atau 9 lapisan untuk membentuk speed dan kontrol.

4. Grip = tersedia 5 bentuk berbeda: anatomic (AN), conical (CO), flared (FL), flare/straight dan straight (ST). Setiap produsen menyediakan 1 hingga 4 bentuk grip untuk setiap 1 seri blade. (tmk: karakteristik blade dengan menyesuaikan selera kecocokan pembeli). 

Karakteristik Type Kayu:

Arylate

Arylate adalah serat (fiber) yang diperkuat (reinforcing) berguna untuk memperluas sweet spot pada blade dan juga untuk menghasilkan control getaran yang sangat baik.

Sweet spot = luas bidang lingkaran ditengah2 blade dimana blade masih terasa nyaman ketika benturan dengan bola. Makin luas/besar sweet spot maka titik sentuhan pukulan yang tidak sempurna pun masih bisa dan nyaman dalam menghasilkan bola yang bagus. Ini menjawab kenapa blade sembarangan menjadi BERBEDA dalam banyak hal dibanding blade profesional. 

Arylate+Carbon

Blade ini mempunyai keunggulan terbaik pada Carbon dan Arylate. Speed dan sweet spot lebih luas yang dimilki Carbon dipadukan dengan control getaran yang bagus dan rasa lembut (soft feel) dari Arylate. Memungkinkan teknologi blade paling komplit.

Carbon

Blade yang diperkuat Carbon, menghasilkan speed yang bagus dengan sweet spot yang lebih luas dibanding tanpa Carbon. Tidak hanya kencang (fast), sweet spot yang lebih luas juga berguna untuk mengontrol kejutan (shock) yang terjadi selama benturan.

Ayous Wood

Kelas ringan, kayu kaku (stiff) yang baik sekali (excellent) untuk bermain pukulan balasan (counterdrive) di dekat meja.

Koto Wood

Sebagai lapisan luar blade (outer layers) menghasilkan sebuah blade kencang dan kaku. Kayu ini baik untuk bermain rally (terus menerus) dengan tehnik loop dan counter di kedua sayap.

Bass Wood

Kayu Bass sudah menjadi bahan utama membuat blade selama lebih 50 tahun dikarenakan control baik dan harga ekonomis. Disenangi oleh pemain balas-memukul (conterdrive) di dekat meja, cocok untuk pemain yang baru pertama mencari dan membeli raket profesional.

Limba Wood

Ini kayu klasik gaya topspin Eropa. Kayu Limba menambahkan rasa lembut (soft feel) dan control baik (great control) yang diperlukan pemain topspin modern saat ini.

Cypress Wood / Hinoki

Kayu gaya klasik penyerang Asia. Disenangi pemain-pemain serang selama beberapa dekade (dasawarsa, masa 10thn) karena kombinasi unik pada kecepatan (speed) dan rasa lembut (softness). Juga dikenal sebagai Kayu Hinoki.

Planchonello Wood

Lapisan luar blade dari kayu ini menghasilkan speed yang baik. Kayu ini sering ditemukan pada blade yang didesain untuk pemain serang-bertenaga (power attacker).

Yellow Aningre Wood

Kayu ini memiliki control terbaik. Menghasilkan soft feel saat benturan (kontak blade dan bola), disenangi oleh banyak pemain bergaya all-round.

Secara umum ada 3 gaya permainan:

1. Defender yaitu permainan bertahan; 

2. All-round atau bermain lengkap serba bisa; 

3. Offensive yaitu permainan serangan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/12/cara-memilih-bet-kayu-tenis-meja.html?m=1

Kalian termasuk penganut gaya yang mana? Semua baik, mempunyai karakter permainannya masing-masing dan keunikan yang berbeda.

Dalam memilih elemen kayu, pilih yang karakternya cocok dengan gaya permainan kita. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar