Cari Blog Ini

Jumat, 17 Mei 2024

Sisi Psikologis Tenis Meja (cara meningkatkan mental) - part 1

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga yang terbilang cukup rumit.  Bagaimana tidak? Bola kecil yang bergerak sangat cepat membutuhkan keterampilan khusus untuk menjinakkannya. 

Tenis meja menuntut pemain untuk berkonsentrasi penuh dan mental yang baik. Menjaga konsentrasi sangatlah penting, namun itu saja tidak cukup. 

Mental yang terkontrol dengan baik dapat membantu dalam mengelola emosi di meja pertandingan, yang pada akhirnya membuat kita memenangkan lebih banyak pertandingan, termasuk memenangkan pertandingan yang lebih ketat .

Bagaimana cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan mental permainan?

Fokus pada proses, bukan pada hasil

Salah satu kesalahan terbesar adalah menetapkan tujuan yang berorientasi pada hasil. Mindset harus ditanamkan bahwa kita harus fokus berorientasi pada kinerja (proses) sebelum turnamen. Karena usaha yang kita lakukan tidak akan menghianati hasil. 

Dalam tenis meja, semua peserta turnamen mempunyai keinginan menjadi juara. Tetapi juara bukan target satu-satunya, pemain harus  mengukur diri kemampuan yang dimiliki. Untuk mewujudkannya, pemain harus berusaha keras dan sebaik-baiknya. 

Kita tidak tahu kualitas lawan yang kita hadapi di sebuah turnamen. Di bawah kita, sepadan atau di atas kita?

Jika kita bisa mengontrol seberapa baik kita bermain, ini akan memengaruhi persentase kemenangan. Mungkin hasilnya akan menang atau kalah, tapi bermain bagus adalah pilihan yang tepat. Fokuslah pada prosesnya,  bukan pada hasilnya (menang atau kalah).

Jika kita menetapkan tujuan yang berorientasi pada proses/ usaha daripada tujuan yang berorientasi pada hasil, fokusnya akan ditempatkan pada bermain bagus, bukan menang. 

Bermain bagus akan memberi peluang menang lebih besar, dan jika kalah tetapi sudah bermain bagus, kita tidak akan merasa seburuk itu, karena tujuan kita sejak awal adalah bermain bagus.

Dalam jangka panjang, cara berpikir seperti ini  jauh lebih bermanfaat. Karena jika terus fokus pada peningkatan dan bermain bagus, seiring berjalannya waktu kita akan berkembang jauh lebih baik dibandingkan pemain lain yang tidak peduli bermain bagus dan hanya ingin menang.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/psikologi-tenis-meja-perlukah.html?m=1

Dalam mengikuti suatu turnamen jika kita sambil berpikir “saya harus menang” tetapi tidak memikirkan bagaimana caranya untuk menang, kita hanya akan memberikan tekanan ekstra pada diri sendiri yang akan berubah menjadi frustrasi ketika dan jika kalah.

Itulah pentingnya psikologis untuk meningkatkan mental bermain. Jangan menganalisis permainan untuk menang atau kalah, tetapi cobalah untuk tampil bagus dan maksimal. Hanya itu yang bisa kita lakukan. Jikankita kalah terimalah dan akui bahwa lawan lebih baik. Evaluasi dan belajarlah dari kesalahan dan jangan mencari alasan!!


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar