Cari Blog Ini

Senin, 08 Mei 2023

Skill Dasar Tenis Meja

 

Skill  Dasar Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Latihan tenis meja untuk meningkatkan skill sangat diperlukan, karena dalam tenis meja sangat banyak teknik yang harus dikuasi.
Berbeda antara pemula dan tingkat lanjut dalam penguasaan keterampilan/ skill.

Banyaknya aturan dalam permainan tenis meja menuntut kita untuk mempelajari segala sesuatu tentang permainan tenis meja.

Teknik permainan seperti jenis pukulan dan pukulan yang harus dimainkan perlu diketahui setiap pemain. Jika pemain sudah menguasai teknik dasar, harus ditingkatkan dan dilanjutkan ke keterampilan lanjutan.

Keterampilan dasar dalam tenis meja menjadi modal berharga bagi pemain sebagai tonggak untuk menjadi pemain tingkat mahir. Tanpa teknik dasar yang baik, akan mengalami hambatan untuk pencapaian teknik lanjutannya.
Proses pembelajaran dengan hati-hati dan tidak melewatkan bagian-bagian penting harus dilalui pemain pemula.

Mengetahui cara melakukan pukulan dengan sempurna adalah langkah pertama untuk belajar tenis meja.

Keterampilan Dasar Forehand dan Backhand Tenis Meja
Banyak pukulan dan putaran yang terlibat dalam tenis meja untuk mendapatkan poin dan mengalahkan lawan, baik itu pukulan untuk bertahan maupun menyerang.

Serve
Servis merupakan teknik penting pada tenis meja untuk menentukan jalannya sebuah pertandingan. Servis yang baik dapat memberi keuntungan besar.

Pemain yang melakukan servis mendapatkan peluang memegang kendali penuh sebuah permainan. Servis backspin, servis topspin dan servis sidespin akan menghasilkan kualitas putaran bola berbeda. Harus terus dilatih agar kualitas servisnya semakin baik.

Push / Dorong Backhand
Pastikan pukulannya lembut dan tidak terburu-buru jika melakukan dorongan. Jika dilakukan dengan tergesa-gesa, akan menghasilkan bola panjang yang terlalu tinggi. Dibutuhkan sentuhan yang lebih halus dan profesional. Ini adalah pukulan terdepan yang menjadi lebih agresif dan pada gilirannya, menghasilkan lebih banyak putaran.

Saat melakukan push, kaki harus dijaga dalam posisi yang benar dengan melangkah masuk. Push biasanya dilakukan saat mengembalikan pukulan rendah dan pendek.

Dorongan backhand adalah favorit mayoritas pemain dan pukulan yang mudah dan berfungsi untuk mencegah lawan menyerang lebih jauh.

Push / Dorong Forehand
Pukulan forehand dalam tenis meja menjadi salah satu yang terpenting dalam permainan. Karena mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan, membutuhkan beberapa latihan untuk menyempurnakan keterampilan ini. Tembakan forehand digunakan untuk mengembalikan bola pendek dan mencegah tembakan menyerang dari lawan.

Block
Pukulan yang paling mudah dilakukan dalam tenis meja sala satunya adalah block. Hanya dengan menempatkan bet di depan bola, sehingga memantul kembali ke arah lawan dengan kekuatan yang sama. Salah satu keuntungan block adalah memberikan sedikit ruang bagi lawan untuk melakukan pengembalian dengan posisi yang baik. Block banyak keuntungannya, karena menggunakan kekuatan lawan untuk melakukannya.

Posisi sudut bet kita tergantung lawan, mengirimkan topspin yang berat atau ringan. Jika topspin berat yang kita terima, posisi bet akan lebih tertutup. Dan begitu sebaliknya, dibutuhkan pengamatan yang teliti.

Loop
Loop ini mirip dengan pukulan drive. Saat melakukan loop, posisikan bet sejajar dengan arah pukulan, yang akan menyebabkannya sedikit menyentuh bola. Ketika pemain melakukan pukulan loop yang baik, akan menghasilkan busur tinggi yang membuat bola melompat ke depan ketika memantul di sisi meja lawan.

Beberapa variasi loop dalam tenis meja adalah spin loop, speed loop, hook loop, and counter loop. Loop adalah salah satu pukulan paling ampuh dalam tenis meja.

Flick
Ketika pemain memukul bola yang belum memantul keluar tepi meja, kita masih bisa melakukan serangan dengan pukulan flick.

Flick digunakan sebagai pukulan menyerang ketika lawan mengirimkan bola pendek, baik pada forhand maupun backhand. Pemain diharapkan untuk mengambil sikap yang sama seperti saat melakukan pukulan dorong pendek. Pemain harus menjaga kaki kanan masuk di bawah meja untuk melakukan teknik ini.

Chop
Chop termasuk pukulan dorong, tetapi jauh lebih berat dan lebih besar. Posisi bet biasanya mendatar dan menghadap sedikit ke atas.

Jika kita melakukan chop dengan banyak backspin, lawan akan kesulitan untuk mengembalikan pukulan tersebut. Chop yang baik  tidak mudah dilakukan, dan tujuan dari pukulan ini adalah untuk membingungkan lawan. Merupakan pukulan defensif, tapi bisa digunakan untuk memancing lawan kemudian kita menyerangnya.

Lob
Lob merupakan pukulan defensif juga yang digunakan dalam permainan tenis meja. Pukulan lob dengan cara mendorong bola ke atas setinggi lima meter di atas meja lawan. Posisi pemain saat melakukan pukulan lob berada setidaknya 4 hingga 6 meter dari meja. Lob bertahan yang sangat baik lebih sulit untuk dikembalikan karena tidak dapat diprediksi. Pukulan ini menghasilkan jumlah putaran yang tinggi dan akan memberi pemain beberapa poin bagus dalam permainan.

Smash
Pukulan yang digunakan pemain ketika bola yang masuk memantul terlalu tinggi atau dekat dengan net dinamakan pukulan smash. Tujuan pukulan smash untuk membuat bola bergerak dengan kecepatan tinggi, sehingga lawan tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan pengembalian. Jika seorang pemain mengeksekusi pukulan ini dengan benar, mereka dapat melakukan serangkaian pukulan untuk membuat lawan kehilangan keseimbangan.

Smash forehand mirip dengan drive tetapi memiliki backswing yang lebih panjang. Membutuhkan kecepatan dan lebih bertenaga, terutama saat bersentuhan dengan bola. Ini akan membutuhkan transfer berat badan dan juga ketinggian bola. Pemain harus mengarahkan bola ke lokasi tertentu agar lawan melakukan out of position.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/cara-melakukan-chop-isi-super-berat.html

Sebagai seorang pemula, kita perlu mempelajari semua keterampilan tersebut dalam permainan tenis meja, dan kita hanya dapat melakukannya dengan latihan rutin.

Artikel ini ditulis karena banyak pemula yang bertanya, “Apa saja skill dasar yang harus dikuasai dalam bermain tenis meja?”

 

Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar