Cari Blog Ini

Selasa, 22 Agustus 2023

Melatih Fokus dan Konsentrasi Bermain Tenis Meja




Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja merupakan olahraga bola kecil yang dilakukan dalam jarak dekat sehingga menuntut pemainnya untuk bergerak cepat mengikuti pergerakan bola.

Hal inilah yang membuat pemain tenis meja harus menjaga fokus dan konsentrasi selama bermain untuk memikirkan strategi yang tepat dalam mengembalikan bola lawan dan mengalahkannya.

Menjaga fokus dan konsentrasi selama bermain sangat penting jika ingin meningkatkan keterampilan bermain tenis meja. Mengantisipasi kecepatan laju bola, strategi dan keterampilan teknik sangat perlu dikuasai dalam olahraga yang satu ini.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi saat bermain tenis meja dapat dilatih dengan beberapa cara:

-Waktu dan tempat yang tenang tanpa ada gangguan atau distraksi dapat dipilih saat latihan. Hindari bermain di tempat yang bising atau ramai agar lebih fokus dalam berlatih.

-Jangan pikirkan hasil akhir atau menang kalah, karena hanya akan membuat tertekan dengan hasil permainan. Sebaiknya pikirkan saja satu pukulan pada satu waktu dan lebih fokus pada keterampilan dan teknik bermain.

-Fisik dan psikologis yang baik dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi saat bermain tenis meja, maka dari itu lakukan latihan fisik secara teratur untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan meningkatkan energi. Latihan psikologis seperti meditasi atau yoga juga dapat membantu meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi mental.

-Sparing partner dengan lawan yang lebih bagus, selain membantu meningkatkan keterampilan dan teknik bermain, juga membuat kita fokus dan konsentrasi saat bermain. Lawan yang lebih bagus dapat mengajarkan kita tentang teknik dan strategi baru sehingga membuat permainan menjadi lebih menarik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Klik di sini

Baca juga: Psikologi Tenis Meja Klik di sini

Istirahat dan relaksasi juga penting, agar lelah dan kehilangan fokus dapat kita hindari. Mengatur nafas atau sekedar menenangkan diri saat bermain dapat membantu kita memulihkan energi dan mempertahankan fokus dan konsentrasi selama bermain.

Nikmatilah setiap usaha dalam berlatih dengan penuh semangat dan fokus meningkatkan keterampilan, karena proses tak akan mengkhianati hasil.



Semangat sehat dan salam 🏓




2 komentar: