Cari Blog Ini

Jumat, 31 Mei 2024

Cara Memilih Sepatu Tenis Meja Guna Menunjang Gerak Kaki Yang Dinamis

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja adalah olahraga yang membutuhkan pergerakan dinamis. Kaki sebagai tumpuan saat bergerak tersebut menopang berat badan. Bagaimana kaki bisa melakukan gerak dinamis jika todak didukung dengan sepatu yang cocok. Contohnya jika kita memilih sepatu yang terlalu pas atau sempit, jari kaki akan rentan cedera. Untuk itu, pilihlah sepatu yang lebih besar atau longgar, yaitu sekitar 1 cm dari ujung kaki.

Bagaimana memilih sepatu untuk mendukung pergerakan kaki agar tetap dinamis? 

Sepatu yang cocok tidak harus berharga mahal. Sesuaikan dengan budget yang kita miliki saat membelinya. 

Pemain pemula dan tingkat lanjut tentu saja mempunyai perbedaan dalam menentukan pilihan sepatu. Sepatu dengan bantalan agak tebal sangat direkomendasikan bagi pemain pemula demi menghindari cedera. Untuk mendukung ketangkasan gerak yang dinamis, sepatu tenis meja dirancang dengan bobot seringan mungkin. Namun, kuda-kuda kaki pemain pemula biasanya masih kurang kuat sehingga kaki akan terasa sakit tiap selesai berlatih.

Sepatu berbantalan tebal cocok untuk pemain pemula yang kakinya masih belum terlalu kuat agar tidak terlalu kelelahan. Sepatu dengan bantalan agak tebal biasanya memiliki bobot yang berat sehingga memperlambat gerak kaki, pemain pemula tidak akan mudah cedera saat berlatih.

Sedangkan untuk pemain tingkat lanjut, gunakan sepatu berbobot sekitar 260 gram dengan outsole dan upper yang lembut.

Untuk pemain tenis meja profesional sangat direkomendasikan memilih sepatu yang ringan. Sepatu ringan akan memberikan sensasi layaknya tidak memakai sepatu, sehingga akan membuat gerakan kaki menjadi lebih ringan dan lincah.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/12/pengaruh-gerak-kaki-terhadap-akurasi.html?m=1

Kelenturan outsole dan upper sepatu dari bahan berkualitas juga perlu menjadi pertimbangan.  Sepatu tenis meja juga harus memiliki bantalan yang rata dan stabil agar tubuh tidak mudah goyah saat bermain tenis meja.

Selain rata, bagian outsole sepatu juga harus punya daya cengkeram yang baik. Seringnya bergerak maju mundur, dari kiri ke kanan, hingga berhenti dalam posisi mengayunkan tangan, sehingga badan tidak stabil ketika hendak memukul bola. Itulah alasan mengapa outsole sepatu harus mempunyai daya cengkeram yang baik. 

Hal tersebut sangat penting, karena jika cengkeraman sepatu kuat, pijakan di lantai juga akan menjadi sangat kuat sehingga kaki tidak mudah tergelincir. 

Selain daya cengkeram yang baik, pilihlah sepatu yang nyaman dipakai. Pilih sepatu dengan ukuran 1 cm lebih panjang dari panjang telapak kaki demi kenyamanan. 

Sepatu yang kita pilih harus memiliki ruang ekstra di bagian punggung kaki. Pastikan sepatu tidak terlalu longgar karena dapat membuat kaki menjadi tidak stabil. Jadi, pilihlah sepatu tidak hanya berdasarkan besar kaki, tetapi juga lebar dan tinggi punggung kaki.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar