Cari Blog Ini

Selasa, 06 Juni 2023

Cara Recovery Setelah Berlatih Tenis Meja

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tubuh pasti akan merasa lelah setelah melakukan latihan tenis meja, karena  aktivitas fisik yang terbilang berat selama latihan akan menarik otot-otot tubuh untuk meregang secara maksimal yang membuat tubuh menjadi pegal setelahnya.

Sudah menjadi peraturan tidak tertulis, jika kita akan memulai olahraga termasuk tenis meja,
kita melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot agar terjadinya cidera dapat diminimalisir.
Begitu juga setelah selesai latihan, kita melakukan pendinginan agar otot bisa beristirahat dan terhindar dari kerusakan jaringan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/hati-hati-dengan-kram-otot-pada-tenis.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/cara-mengurangi-resiko-cidera-saat.html?m=1

Jika lelah pasca latihan, biasanya kita akan makan dengan porsi cukup banyak dan tertidur untuk memulihkan kembali energi tubuh yang terbuang.

Lantas bagaimana jika setelah latihan kita harus segera beraktivitas kembali? Jangan risau, lakukan recovery/ pemulihan tubuh secara sederhana dan tepat.

Mandi Menggunakan Air Dingin
Bagian tubuh akan terasa seperti membengkak setelah kita latihan. Itu hal biasa, karena otot bekerja sangat keras saat kita bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Kita  bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air dingin. Air dingin membantu mengurangi bengkak yang kita rasakan.
Jika diperlukan gunakan air es  untuk mengompres anggota tubuh yang terasa kram pasca latihan. Bahkan, air es baik untuk mandi selepas kita berlatih atau melakukan pertandingan.

Minum Teh Hangat (hijau)
Minum teh manis hangat akan membuat tubuh kita lebih berenergi, sehingga latihan yang kita lakukan akan lebih maksimal. Teh manis hangat juga akan membantu melemaskan dan membuat otot tubuh menjadi rileks, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya kram atau kejang otot. Lebih disarankan yang diminum adalah teh hijau.

Makan Cukup
Satu jam setelah berlatih tenis meja, sebaiknya konsumsi makanan sumber protein dan karbohidrat untuk menggantikan energi yang terbuang dan mencegah terjadinya otot kaku.

Banyak Minum Air Putih
Setelah menjalani serangkaian latihan, kita pasti akan merasa haus karena banyak mengeluarkan keringat, yang berarti kita harus segera menggantinya untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Hindari minum air dingin selepas latihan, tetapi minumlah air mineral biasa atau cairan isotonik yang mengandung ion untuk menggantikan cairan yang hilang.

Cara memulihkan tubuh setelah berlatih tenis meja seperti di atas lumayan efektif untuk mengembalikan energi tubuh dan mencegah tubuh dari berbagai cedera yang mungkin terjadi. Jika kita mengalami cidera terkilir misalnya, pemijatan ringan dengan bantuan balsam atau obat pereda nyeri otot bisa kita lakukan sesegera mungkin. Jika dirasa mengkhawatirkan segera hubungi dokter keluarga.



Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar