Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Agustus 2010

Sepak Bola masa SMP, Cerita Lucuu dan Pahit


Hidup Masa SMP...

Cerita dan kenangan menarik waktu SMP neh.
Saat aku duduk di kelas 2 SMPN Klirong, mungkin berkat ikut latihan di ALSA..aku masuk skuad tim Sepakbola SMPN Klirong yang saat itu dikomandoi oleh Pak Darsono dan Pak Marjo (guru OR). Prestasi yang paling membanggakan saat itu adalah Juara II Sepakbola antar SMP se Kabupaten Kebumen. Di Partai Final kami kalah dari SMPN I Kebumen yang antara lain diperkuat striker Cunil-anak IM Kebumen (aku ora ngerti jeneng asline). Mungkin ini adalah Prestasi Puncak Sepakbola SMPN Klirong, tetapi mudah-mudahan berikutnya ada prestasi yang lebih dari itu.
Pemain-pemain SMPN Klirong saat itu al: Mono, Barso, Fuad Jagamertan, Sakiman, Badri Jagamertan, Mijo Kedungsari, Bait Petanahan, Sarwani si Lakar Klampis, Cah Jagasima (aku klalen jenenge-maap ya..), dll.


Lucu...
Saat main bola di Alun-alun Kebumen, pas nendang pinalti (saat itu kipere Sugeng Karanganyar), aku kepleset jadi bolanya meluncur pelan dan arahnya lurus. Dasar Sugeng....dia PD abeezzz dan sambil bergaya menjatuhkan diri dalam menangkap bola. Tetaapii...Allah menghendaki lain. Bola yang berjalan pelan ternyata mengenai "suket kobis" dan melompati badan Kiper Sugeng dan goollll.

Lucu...
Pada satu kesempatan aku pernah tarkam di Cilacap bareng Budi dan Suyit dan Gun Lurahe. Berempat main kabeh, tapi sayang belum sampe 5 menit Suyit diganti (maine kayak orang bingung-maklum dia baru ikut tarkam, masih grogi). Pertandingan berjalan seru dan imbang. Sampe akhirnya adu pinalti. Dari semua yang nendang pinalti hanya Aku, Budi dan Gun yang gol, yang lain dari pemain tuan rumah gagal semua...(tersanjung, lucu tapi malu gak bisa nyumbang kemenangan walau nyumbang gol pinalti).


Aku juga punya cerita pahit...
Saat Tarkam di Gombong, kalau gak salah di Purwodeso...Saat itu aku dicari Mas Sutris (bapake Singgih), katanya ada yang nyari. Mereka adalah 2 orang dari Gombong, satu diantaranya adalah Pak Sibun (saat itu aku juga gak kenal). Aku diminta untuk bantuin main. Trus Aku nanya sama siapa dari ALSA? Katanya sendiri. Tapi ada temennya dari Jagamertan (Aan dan Sulki).Awalnya aku minder juga kok gak ada temennya dari ALSA, tapi aku bertekad inilah kesempatan yang diberikan oleh tim pengamat amatiran ala Pak Sibun. Pemainnya saat itu al: Aku, Aan Jagamertan, Sulki Jagamertan, Delo+Hartono+Bagol (Keluarga Pak Slamet), Ali Adimulyo, Gun dan balakurawane cah Putra Rimba dll. Dalam satu kesempatan berebut bola kaki kananku bertabrakan sangat keras dengan kaki lawan. Aku langsung jatuh dan tidak bisa berjalan. Ternyata knee/dengkulku yang kena. Aku langsung digotong keluar lapangan dan tidak bisa melanjutkan permaianan. Aku harus berobat (urut) rutin cukup lama (6 bulan)di Jerukagung (mbiyen Pak Kaum-alm). Setelah sembuh kaki kananku masih sering kambuh. Tapi berkat kaki kananku sering sakit itu, kaki kiriku yang lebih sering aku paksain buat nendang bola. Alhasil kaki kiriku lebih hidup (yahhh hampir sama lah sama fungsi kaki kananku). Alhamdulillah.. Tapi sampai sekarang kaki kananku juga masih suka terasa ngilu kalo buat goes sepeda apalagi buat nendang bola. Tapi gpp itu bagian dari konsekuensi bermain bola. Oh ya..denger-denger Bagol adiknya Delo sekarang katanya sudah tidak main bola lagi karena kecelakaan motor yang mengakibatkan patah tulang kaki (info dari tetanggaku di Cibitung yang tetanggaan sama Delo cs di kampung). Tetep semangat ya Kang Bagol...

5 komentar:

  1. Cerita-cerita konyol seperti ini sangat menghibur, khususnya bagi kita yang punya cerita masa lalu bersama PS. Alam Sari di Kebumen. Silahkan temen-temen yang punya cerita lucu, konyol, happy atau apapun bersama PS.Alam Sari atau yang ada hubungannya dengan kampung kita tidak usah segan dan malu silahkan dibagi dengan kita semua.

    BalasHapus
  2. trims komentnya...smoga berguna untuk kita semua. amin...

    BalasHapus
  3. temen-temen dari kebumen liane endi yah?? Jal pada duwe crita apa, mbok dishare karo batir kabeh kaya mas kang monex. suwun kang monex.....

    nn

    BalasHapus
  4. oalah batir smp...aku dadi kelingan maning jaman gemiyen...

    batir bal-balan mbiyen

    BalasHapus
  5. ajiiib kang.... monggo dishare...

    BalasHapus