Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Desember 2010

Kuliner Golak dan Serabi


Untuk masalah jajanan dari dulu sampai sekarang, rasanya yang namanya Pasar Dorowati sudah bisa mewakili miniatur kuliner yang ada di Klirong. Sebut saja ada kue serabi dan golak. Kudapan lain sejenis soto, bakso, sate, dll juga ada. Pasar Dorowati terletak di Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Kalau dari arah Soka kira-kira 4 km ke arah selatan.

Serabi
Serabi adalah makanan yang dibuat dari tepung beras dicampur dengan kelapa parut dan garam tentunya. Setelah diaduk rata adonan tersebut dituang ke suatu tempat yang sudah disiapkan, yaitu semacam kuali yang diletakkan diatas api. Serabi akan berasa enak kalo makannya masih hangat. Makan serabi sambil ngobrol sama penjualnya wah..rasanya "nylekamin".

Golak
Merupakan sejenis makanan yang menyerupai makanan khas Kebumen Lanthing. Namun kalau golak dari ukurannya lebih besar daripada Lanthing. Bahan pembuatannya pada dasarnya adalah tepung singkong yang diolah sedemikian rupa kemudian dibentuk menyerupai angka delapan (8) lalu di goreng. Biasanya kalau ada yang beli, makanan golak ini tidak dibungkus layaknya makanan pada umumnya. Tapi "diklantheni" atau diikat dengan tali yang terbuat dari "mancung" kelapa. Unik bukan? Jajanan Golak biasanya banyak kita dapati saat ada hajatan yang tuan rumahnya nanggap wayang.

Anda penasaran? Silahkan mampir dan buktikan di Pasar Dorowati.

Salam Kampung,
Monex

5 komentar:

  1. Top markotoppp gan..jadi pengen nyobain.

    BalasHapus
  2. jadi kangen karo golak, gurih lan kudu asih anget mangane....

    BalasHapus
  3. monggooo...kalau kangen sama golak silahkan datang saja ke kebumen. suwun.

    BalasHapus
  4. beda mas kalo dipuring,namanya gembus,kalo golak yg terbuat dari"krekel"bentuknya semacam lanting raksasa.

    BalasHapus
  5. mas anipe,
    kalo gembus yang lebih empuk ya mas?? tapi sama bentuk dan ukuran kan??? dan sama2 enak!!!! hehehe....

    BalasHapus