Cari Blog Ini

Kamis, 15 Februari 2024

Karet Warna Hitam Identik dengan Forehand , Tahukah Kalian? (Tenis Meja)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



   

Alat pemukul bola pada tenis meja disebut dengan Blade/ bet. Material bet terdiri dari kayu yang dilapisi karet di kedua sisinya. Satu sisi berwarna hitam, dan sisi lainnya berwarna cerah-terang (a bright colour) seperti merah, pink, violet, green dan blue.

Jika kita perhatikan pemain profesional bermain, mayoritas memposisikan bet berkaret hitam untuk forehand.

Tahukah kalian? Ternyata warna karet tenis meja itu memiliki kemampuan yang berbeda. Meski tidak terlihat jelas, salah satu sisi bet mempunyai kekuatan yang lebih (power), yang bisa melemparkan bola meluncur lebih kuat ke arah lawan. Sementara itu, sisi yang lain mempunyai kemampuan dalam kecepatan (speed).

Bisakah bermain dengan menggunakan bet yang kedua sisi betnya warna karetnya sama? Jawabannya tentu bisa. Dan ini pernah terjadi pada jaman dahulu, karena saat itu federasi tenis meja belum mempunyai peraturan khusus mengenai warna betnya.

Dengan warna karet yang sama di kedua sisi menjadikan pemain menduga-duga pukulan lawan, apakah menggunakan speed atau power. Sejak saat itulah akhirnya dibuatlah aturan, dimana aturannya menetapkan bahwa warna kedua sisi bet dibedakan menjadi warna merah dan hitam.

Federasi tenis dunia memutuskan bet dengan warna hitam memiliki kekuatan atau power. Sedangkan bet dengan warna merah lebih kepada kemampuan kecepatan atau speed. Tetapi ada juga pemain yang menggunakan karet warna hitam di forehand hanya karena sugesti.

Inilah sebabnya kenapa banyak pemain tenis meja yang menempatkan warna hitam untuk posisi forehand dan warna merah untuk backhand.

Namun banyak kalangan mengatakan bahwa perbedaan warna pada sisi bet tenis meja, hanya berlaku pada bet / karet buatan Tiongkok yang mempunyai karakter tacky/ lengket. Sedangkan untuk produk eropa hampir tidak ada bedanya antara karet warna hitam dan merah berdasarkan karakteristiknya.

Itulah alasan mengapa mayoritas pemain profesional memposisikan karet warna hitam di bagian forehand. Walaupun ada juga pemain yang tidak memperdulikan karet warna hitam untuk forehand ataupun backhand, tetapi jumlahnya sangat sedikit, dan itu diperbolehkan dalam peraturan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2024/02/harus-ada-karet-warna-hitam-dalam-bet.html?m=1

Sebagai pemain, tentu kita harus memahami karakter karet yang kita pakai, sesuaikan saja dengan karakter permainan kita.


Semangat sehat dan salam 🏓


2 komentar:

  1. Waahhh..baru tahu lho...
    Trm ksh untuk pencerahannya om.
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sama2 om, terimakasih kunjungannya

    BalasHapus