Cari Blog Ini

Minggu, 11 Februari 2024

Tujuan dan Manfaat Sparing Tenis Meja

Tonton video: Kasmono Monex (Zakhwan Sport) vs Mala (atlet Sea Games 2016)


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Dalam dunia olahraga termasuk olahraga tenis meja, kita mengenal istilah sparing. Sparing dapat diartikan sebagai latihan bertanding. Sparing sebagai simulasi pertandingan sangat penting bagi pemain untuk mempersiapkan fisik dan mental pemain, sehingga saat bertanding yang sesungguhnya diharapkan pemain sudah siap secara keseluruhan.

Dalam melakukan sparing harus dilakukan dengan perencanaan matang sesuai dengan program pembinaan pemain. Lawan harus dipilih dengan benar untuk meningkatkan kemampuan para pemain, dari aspek skill maupun pengalaman bertanding. Sehingga tujuan dan manfaat kita melakukan sparing dapat dirasakan sebagai upaya pengembangan diri pemain.

Tujuan Sparing

Sparing bukan saja untuk melawan partner seperti dalam pertandingan, namun mempunyai tujuan yang lebih luas, antara lain:

-Latihan bersama untuk meningkatkan dan memperbaiki kemampuan pemain.

-Membiasakan pemain dalam iklim kompetisi yang sebenarnya.

-Membentuk mental pemain menjadi lebih percaya diri terhadap kemampuannya.

Manfaat Sparing

Selain sebagai ajang silaturahmi sesama pemain tenis meja, sparing juga mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik, diantaranya:

-Meningkatkan skill pemain. Sparing dapat membantu para pemain untuk meningkatkan kemampuannya sebelum bertanding. Pemain tertantang untuk mengeluarkan kemampuan yang dimilikinya.

-Menambah wawasan pemain dari berbagai aspek, termasuk lingkungan komunitas, peraturan pertandingan, dan tekanan mental. 

-Membentuk mental para pemain. Dengan melakukan sparing, pemain dapat belajar untuk menghadapi tantangan, mengatasi kegagalan, dan mengembangkan ketahanan mental mereka. Hal ini dapat membantu mereka untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi tekanan saat mengikuti pertandingan.

-Mengukur kemampuan. Sparing juga bermanfaat untuk mengukur kemampuan para pemain. Pemain dapat mengukur sejauh mana perkembangannya selama latihan dan mengetahui apa saja yang masih harus ditingkatkan. Hal ini dapat menjadi acuan bagi pemain dan pelatih untuk merencanakan latihan yang lebih efektif.

-Mengasah kemampuan dan pengalaman. Sparing dapat membantu mengasah kemampuan pemain. Pengalaman saat sparing dapat diterapkan ketika bertanding.

-Meningkatkan motivasi. Latihan sparing terbukti dapat meningkatkan motivasi para pemain untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Untuk mencapai prestasi, tidak hanya membutuhkan fisik, teknik, dan taktik yang baik. Namun, motivasi berprestasi juga memiliki peranan yang penting. Dengan melakukan sparing, para pemain memiliki motivasi untuk menghasilkan prestasi yang lebih tinggi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/konsep-dan-manfaat-sparing-partner-pada.html?m=1

Dengan sering melakukan sparing, pemain akan menjadi lebih siap saat memasuki kompetisi atau pertandingan yang sebenarnya. Selain itu pemain juga menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. 


Semangat sehat dan salam 🏓


8 komentar:

  1. tapi ada negatifnya jg lho pak Kas...🤭😁😁😁

    BalasHapus
  2. Videonya mana pak kas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. dibuka aja om, dibawah gambar ada link "tonton videonya", klik aja...

      Hapus