Cari Blog Ini

Kamis, 29 Februari 2024

Sepenting Apa Pukulan Smash pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Belajar tenis meja berarti harus mempelajari berbagai teknik bagaimana cara memukul bola menggunakan blade/ bet. Teknik pukulan dalam tenis meja bermacam-macam, salah satunya adalah smash.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/skill-dasar-tenis-meja.html?m=1

Apa yang dimaksud dengan teknik smash dalam permainan tenis meja?

Smash adalah suatu pukulan keras yang dilakukan oleh seseorang dalam permainan tenis meja. Teknik smash berguna untuk mematikan serangan lawan dimana pukulan smash ini adalah suatu pukulan keras yang sulit diantisipasi oleh lawan, sehingga teknik smash sangat penting untuk dipelajari.

Kapan waktunya melakukan smash?

Teknik smash biasanya dilakukan untuk mengantisipasi pukulan lob dari lawan. Selain untuk menyerang lawan secara cepat dan keras, smash juga bertujuan untuk membuat lawan main menjauh dari meja.

Jika smash dilakukan dengan baik dan benar,  peluang untuk memenangkan pertandingan akan semakin terbuka lebar. Namun begitu, melakukan teknik smash tidak semudah yang kita bayangkan, pemain harus memastikan agar bola tidak meleset dari sasaran yang ingin dituju.

Dalam melakukan smash usahakan posisi bet berada lebih tinggi agar bet bisa dipukul ke arah bawah. Saat bola memantul dari meja, tubuh dicondongkan ke depan, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Begitu sebaliknya bagi pemain kidal. Pindahkan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan saat memukul bola. Idealnya bola dipukul saat tinggi pantulan setara dengan bahu pemain. Bisa juga bola dipukul saat belum terpantul terlalu tinggi, namun timing di pantulan ini sangat berisiko tinggi untuk dilakukan.

Kunci keberhasilan melakukan smash bukan hanya terletak pada seberapa besar tenaga yang digunakan, namun posisi tubuh juga harus benar atau tepat.


Semangat sehat dan salam 🏓


4 komentar:

  1. Tulisan2 yang banyak membantu menambah pengetahuan tentang tenis meja.
    Pembelajaran/ilmu baru lagi saya dapatkan dr membaca blog ini..
    trm ksh untuk teknik2 yang diajarkan, spertinya harus lgsg praktek.

    BalasHapus
  2. Terimakasih om Cahyo, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Ada masukan untuk blog ini agar lebih baik lagi, om? Hehehe

      Hapus