Cari Blog Ini

Jumat, 01 Maret 2024

Penggunaan Deker Lutut dan Fungsinya pada Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga tenis meja menuntut pemain untuk bergerak cepat dan lincah mengikuti irama bola. Tenis meja aman dimainkan oleh semua kelompok umur, termasuk lansia.

Bagi pemain lansia yang rawan cidera, memakai deker lutut ketika bermain sangat membantu dalam bergerak. Sangat dianjurkan dipakai oleh pemain tenis meja yang pernah mengalami cidera lutut pula.

Seperti yang sering kita lihat, banyak pemain yang mengenakan deker lutut ketika bermain, baik pemain muda maupun lansia. Bukan untuk aksesoris dan gagah-gagahan, namun lebih kepada fungsi dan manfaatnya.

Apa sih fungsi dan manfaat dari deker lutut? Deker lutut atau korset lutut merupakan alat pelindung yang sangat penting untuk mencegah terjadinya cedera. Biasanya, deker digunakan oleh orang-orang yang gemar berolahraga pada umumnya, termasuk tenis meja.

Lutut sangat rentan terhadap cidera, karena lutut merupakan sendi terbesar pada tubuh. Pergerakan kaki ketika bermain tenis meja dapat menyebabkan peregangan pada otot lutut. Oleh karena itu, penggunaan deker lutut sangat penting untuk membantu menyokong/ menopang lutut dan meminimalisir/ mencegah terjadinya cedera. 

Cidera lutut seperti terkilir atau terpelintir saat bermain tenis meja sangat mungkin terjadi. Hal ini dapat menyebabkan robekan ligamen atau meniskus pada lutut. Dengan menggunakan deker lutut, gesekan yang muncul dapat diminimalisir sehingga cedera pun dapat terhindari. 

Cidera yang pernah diderita pemain juga dapat kambuh dan terasa nyeri. Dengan bantuan deker, dapat mengurangi tekanan pada area lutut, sehingga membuat pergerakan lebih baik dan mengurangi kekakuan pada lutut. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/stylish-pemain-tenis-meja-dengan.html?m=1

Deker lutut terbuat dari perpaduan material seperti logam, busa, plastik, atau bahan elastis lainnya. Desain, warna dan ukuran dapat kita pilih sesuai selera. Namun untuk mengetahui jenis deker yang tepat kita gunakan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

Dengan pemilihan dan pemakaian deker yang tepat akan membantu bermain tenis meja dengan lebih nyaman.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar