Cari Blog Ini

Selasa, 19 Maret 2024

Pentingnya Irama / Ritme dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



 

Olahraga tenis lapangan dan tenis meja mempunyai kemiripan, terutama pantulan bolanya menimbulkan bunyi atau suara khas yang bisa dijadikan ketukan oleh pemain yang hendak menerimanya, atau disebut irama/ ritme. 

Jika kita melihat pertandingan tenis meja tingkat dunia di layar kaca, suara pantulan bola di meja sangat jelas, karena penonton langsung tidak bersorak ketika bola rally. Saat pemain mencetak poin, barulah penonton boleh memberi tepuk tangan yang masih dalam batas wajar.

Di Indonesia, menonton turnamen tenis meja memang tidak sepopuler bulutangkis maupun sepakbola. Salah satu alasannya bisa jadi karena dalam pertandingan tenis meja, penonton tidak bisa berekspresi dengan bebas dalam mendukung pemain favoritnya.

Pertandingan tenis meja selalu hening dan kita hanya bisa mendengar suara bola yang memantul, suara decit sepatu pemain, dan suara pemain. Sesekali penonton memang memberi tepuk tangan saat pemain mencetak poin.

Bayangkan jika suara penonton riuh dengan sorak sorai, tentu pemain sangat terganggu konsentrasinya, menjadikan pemain kesulitan mendengar suara pantulan bola lawan yang kemudian juga menjadi sulit menentukan strategi perlawanannya. Seperti halnya pada musik, jika penyanyi tidak bisa mendengar ketukan iramanya, maka yang dinyanyikan bisa terjadi misharmonisasi. Begitu juga pada tenis meja.

Selain sorak sorai, lalu lalang atau pergerakan penonton juga dapat mengganggu konsentrasi pemain. 

Penonton juga dilarang menyalakan flash ketika mengambil gambar dengan kamera, karena flash tersebut sangat mengganggu konsentrasi dan pandangan mata pemain.

Suara pantulan bola di meja menjadi irama/ ritme permainan tenis meja yang dapat dijadikan ketukan/ tanda bagi pemain dalam menentukan tindakan/ pukulan yang akan dilakukan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/mengapa-timing-dan-rhythm-sering.html?m=1

Hal di atas memang hanya sekedar peraturan tidak tertulis, tetapi tetap harus dipatuhi oleh penonton secara sportif. Konsentrasi menjadi hal yang sangat penting bagi pemain, sehingga hal yang dapat mengganggu irama permainan harus dihindari.


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar